Politik Pemerintahan

50 Anggota Dewan Gresik yang Baru Resmi Dilantik

Gresik (beritajatim.com)- Sebanyak 50 anggota dewan Gresik periode 2019-2024 resmi dilantik di Gedung DPRD Gresik, Jumat (23/08/2019). Proses rapat paripurna pengambilan sumpah itu dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Gresik, demisioner Nur Qolib.

Pengambilan sumpah, dan janji anggota dewan terpilih periode 2019-202r tersebut juga dihadiri Bupati Gresik, Sambari Halim Radianto, Wabup Gresik M.Qosim, Dandim 0817 Letkol Inf Budi Santoso, Kapolres Gresik AKBP Wahyu S.Bintoro, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dan Ketua Parpol.

Sebelum diambil sumpah dan janji, Wakil Ketua demisioner Nur Qolib membacakan kinerja anggota dewan periode 2014-2019. Selama lima tahun tersebut mampu menelorkan puluhan peraturan daerah (perda) baik itu untuk pembangunan daerah maupun bermanfaat bagi masyarakat.

“Itu membuktikan bahwa anggota dewan periode lima tahun lalu mampu bekerja secara maksimal bagi pembangunan daerah, serta manfaatnya bisa dirasakan oleh masyarakat. Ditambah Gresik mampu meraih predikat wajar tanpa pengecualian (WTP) karena keberhasilan mengelolah APBD,” ungkapnya.

Setelah memimpin rapat paripurna. Selanjutnya Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Gresik, Darmawan membacakan anggota dewan yang demisioner lalu dilanjut dengan pembacaan anggota dewan yang terpilih berdasarkan SK Gubernur Jawa Timur.

Usai anggota dewan yang terpilih dibacakan. Selanjutnya, Nur Qolib sebelum meninggalkan tempat pimpinan rapat paripurna. Politisi PPP itu juga mengatakan, dirinya berpesan anggota dewan yang baru maupun terpilih lagi. Senantiasa bekerja serta mengabdi untuk kepentingan daerah, dan jangan lupa dengan janji politiknya sewaktu disampaikan ke masyarakat saat berkampanye.

Seluruh anggota dewan itu, diambil sumpahnya oleh Ketua Pengadilan Negeri (PN) Gresik, Fransiscus Rawe Arkedeus dengan didampingi pemuka agama, dan rohaniawan. Usai disumpah, rapat paripurna selanjutnya diserahkan kepada pimpinan dewan sementara Abdul Qodir dari Fraksi PKB. Setelah menerima palu sidang. Selanjutnya, Abdul Qodir yang didampingi wakil ketua yang terpilih dr Aslachul Alief.

“Saya bersama dr Aslachul Alief siap memfasilitasi terbentuknya alat kelengkapan dewan (AKD), pembentukan fraksi serta tata tertib aturan main,” ujar Abdul Qodir.

Setelah menyampaikan paparan selama kurang dari 25 menit. Politisi asal PKB itu menutup sidang rapat paripurna pengambilan sumpah anggota dewan.

Terkait dengan kegiatan ini, Bupati Gresik Sambari Halim Radianto mengatakan, dirinya berterima kasih kepada anggota dewan yang lama. Sebab, dengan bersinergi pembangunan serta APBD terus meningkat.

“Tahun ini kami menargetkan APBD sebesar Rp 3,4 triliun. Mudah-mudahan target tersebut tercapai dengan bersinergi sama anggota dewan yang terpilih,” pungkasnya. [dny/ted]





Apa Reaksi Anda?

Komentar