Politik Pemerintahan

44 Anggota DPRD Jember Kompak Usulkan Interpelasi

Jember (beritajatim.com) – Sebanyak 44 orang dari 50 anggota DPRD Jember, Jawa Timur, menandatangani usulan interpelasi terhadap Bupati Faida. Hanya enam orang yang tidak menandatangani usulan itu.

Ketua Fraksi PDI Perjuangan Edi Cahyo Purnomo mengatakan, jumlah sebanyak itu di luar dugaannya. “Hari ini ada tambahan tanda tangan dukungan dua legislator yakni Holil Asy’ari dari Golkar dan Alfian Andri Wijaya dari Gerindra,” katanya, Jumat (20/12/2019).

Besarnya antusiasme untuk mendukung interpelasi juga ditunjukkan Ikbal Wilda Fardana dari Partai Persatuan Pembangunan. Dia saat ini sedang berada di Jakarta dan belum menandatangani dukungan.

Akhirnya, Ikbal mengirimkan surat pernyataan dukungan bermaterai kepada Ketua DPRD Jember Itqon Syauqi yang ditembuskan kepada Edi sebagai pihak yang menggalang interpelasi. Dukungan dari Ikbal ini memang sesuai sikap politik yang sempat dikemukakan Ketua Dewan Pimpinan Cabang PPP Jember Madini Farouq.

Bagaimana dengan enam orang anggota yang tidak menandatangani? Edi menyebut itu hak politik. “Waktu kami mendatangi teman-teman ke komisi-komisi, ada yang diam saat kami tawari tanda tangan. Ada yang menolak,” katanya.

Edi mengatakan, interpelasi kali ini adalah hari bersejarah, karena mayoritas anggota DPRD Jember solid satu sikap. Rencananya, usulan interpelasi ini akan dibahas dalam sidang paripurna DPRD Jember, Senin (23/12/2019).

“Juru bicaranya nanto Mas Tabroni dari Fraksi PDI Perjuangan. Materi interpelasi tak hanya soal tidak adanya seleksi calon pegawai negeri sipil daerah, tapi juga masalah peraturan bupati mengenai susunan organisasi dan tata kerja organisasi pemerintah daerah,” katanya. [wir/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar