Politik Pemerintahan

40 KM Jalan Poros Rusak di Pamekasan Mulai Diperbaiki

Pamekasan (beritajatim.com) – Sepanjang 150 kilometer (km) ruas jalan raya antar kecamatan di kabupaten Pamekasan, dinyatakan masuk katagori jalan rusak dan sepanjang 40 km di antaranya mulai dilakukan perbaikan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2020.

Angka tersebut relatif lebih pendek dibandingkan ruas jalan dengan katagori baik yang tersebar di 13 kecamatan berbeda di Pamekasan. Di mana total panjang jalan antar kecamatan di wilayah setempat tercatat sekitar 512 km lebih.

“Untuk tahun ini kita perbaiki 40 km jalan rusak, sehingga total jumlah jalan yang masuk katagori rusak tinggal 110 km dari total sepanjang 150 km. Semuanya merupakan jalan kabupaten dan jalan poros (antar kecamatan),” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUPR) Pamekasan, Cahya Wibawa, Rabu (30/12/2020).

Dari total 40 km jalan rusak yang diperbaiki, tersebar di berbagai kecamatan di Pamekasan. Di antaranya jalan poros Desa Panagguan, Kecamatan Proppo, menuju Desa Palengaan Laok, Kecamatan Palengaan. Termasuk juga jalan poros Desa Pakong ke Desa Klompang Timur, menuju Desa Kadur, Kecamatan Kadur.

Selain itu, perbaikan serupa juga dilakukan di sepanjang jalan Pasar Keppo, Galis, menuju Desa Bunder, Padamawu, serta sejumlah titik di Kecamatan Pamekasan (Kota). Di antaranya Pasar Gurem dan Desa Laden menuju Kelurahan Jungcangcang, berlanjut ke Desa Betet menuju Desa Teja Timur, Jl Bazar dan sejumlah titik lainnya.

Sebelumnya Bupati Pamekasan, Badrut Tamam juga menyampaikan proses perbaikan infrastruktur jalan sebagai upaya memastikan kelancaran akses transportasi yang berorientasi pada aspek lainnya, semisal ekonomi, kesehatan, pendidikan, dan tentunya infrastruktur.

Hal tersebut merupakan beragam program prioritas yang digagas Bupati Badrut Tamam bersama Sang Wakil, Raja’e untuk mewujudkan sektor pembangunan di daerah yang dipimpinnya. “Memang belum semua jalan rusak bisa diperbaiki saat ini, karena anggaran kita sangat terbatas,” kata Bupati Badrut Tamam.

Guna memastikan kelancaran akses transportasi dan sektor pembangunan yang berkeadilan dan merata, Bupati Badrut Tamam dan Kepala Dinas PUPR bersama sejumlah rombongan, meninjau langsung proses perbaikan ruas jalan raya di berbagai titik dengan mengendarai motor.

Bupati Badrut Tamam bersama rombongan dari jajaran pejabat di lingkungan Pemkab Pamekasan, berangkat dari Mandhepa Agung Ronggosukowati, Jl Pamong Praja, Bugih, Pamekasan. Selanjutnya mereka bergerak menuju wilayah Proppo, Palengaan, Pagantenan, Pakong, Kadur, Larangan, Galis, Pademawu dan kembali ke Pamekasan. [pin/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar