Politik Pemerintahan

40.2 Persen Masyarakat Siap Taati Instruksi Presiden Terkait Pandemi Corona

Surabaya (beritajatim.com) – Lembaga Survei Bangun Indonesia merilis hasil penelitian yang mereka lakukan terkait sikap masyarakat dalam menghadapi pandemi Virus Corona pada hari Selasa (7/4/2020).

Penelitian dilakukan di wilayah Mataraman (Madiun, Ngawi, Magetan, Pacitan, Ponorogo, Trenggalek, Tulungagung, Blitar, Kediri dan Nganjuk) Provinsi Jawa Timur dengan menggunakan metode snowball sampling. 261 responden terlibat dalam riset yang dilakukan. Survei dilakukan dalam rentang waktu 3-6 April 2020.

Agus Mahfud, Direktur Bangun Indonesia, mengungkapkan jika dari penelitian yang ada menunjukkan jika mayoritas responden memilih untuk lebih mendengarkan instruksi dari Presiden Jokowi. “40.2 persen memilih itu (mendengarkan instruksi Presiden Jokowi),” katanya.

“21.8 persen memilih mendengarkan NU/ Muhammadiyah, 13 persen mendengarkan MUI. Sedangkan 24.9 persen memilih lainnya,” papar Agus lebih lanjut.

Dari persentase yang ada, pria yang juga sosiolog politik UNESA ini menilai jika ketaatan masyarakat terhadap negara masih tinggi. “Meski telah berkurang seandainya dibanding dengan Pilpres 2019, yang mana Presiden Jokowi-Ma’ruf memenangkan suara rakyat 55,50 persen,” ujarnya.

“Kondisi demikian, akan lebih bagus jika antara Negara, MUI dan ormas keagamaan bersinergi dalam melawan Covid-19. Termasuk bersinerginya antara Presiden, Gubernur dan Bupati/Wali Kota,” pungkas Agus. [ifw/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar