Politik Pemerintahan

36 Produk UMKM Pamekasan Siap Dipasarkan di Swalayan

Pamekasan (beritajatim.com) – Kepala Dinas Koperasi dan UMK Pamekasan, Jhon Yulianto menyampaikan sebanyak 36 produk unggulan hasil Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) siap dipasarkan di swalayan.

Hal itu menyusul adanya gagasan dan rencana dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, tentang kerjasama dengan sejumlah swalayan yang tersebar di berbagai titik di daerah berslogan Bumi Gerbang Salam, yakni Alfamart ataupun Indomart.

“Hasil kerajinan warga Pamekasan, yang telah memenuhi standar operasional dan memenuhi izin lengkap tercatat sebanyak 36 produk unggulan UMKM,” kata Jhon Yulianto, Selasa (5/3/2019).

Gagasan tersebut merupakan salah satu kebijakan Bupati Badrut Tamam yang mengharuskan semua toko modern di Pamekasan, agar menyediakan sekitar 25 persen produk lokal Pamekasan. “Kebijakan ini tentunya membantu para pelaku usaha Mikro di Pamekasan untuk memasarkan hasil produk mereka,” ungkapnya.

“Saat ini kami masih menunggu lebih lanjut kesiapan dari pihak Alfamart maupun Indomart tentang kapan hasil produk unggulan masyarakat bisa dipasok. Tapi yang pasti, 36 produk unggulan UMKM sudah memenuhi standar operasi produk. Semua legalitas sudah dipenuhi, baik izin edar maupun izin kesehatan,” jelasnya.

Beberapa produk unggulan yang siap dipasarkan di sejumlah swalayan di Pamekasan, di antaranya Kopi Mangrove, Produk Olahan Durian, Produk Berbasis Pisang, Produk Handycraft dan beberapa jenis produk lainnya.

Selain itu, pemerintah juga memfasilitasi para pelaku usaha melalui aplikasi berbasis online dengan bekerjasama bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) melalui program ‘UMKM Go Online‘.

Bahkan dalam program tersebut sekaligus memberikan pelatihan teknik penjualan daring bagi para pelaku usaha yang saat ini tercatat sebanyak 1.509 jenis UMKM yang sudah siap memasarkan hasil produk secara online. [pin]



Apa Reaksi Anda?

Komentar