Politik Pemerintahan

30 Ribu Warga Kabupaten Kediri Terima Bantuan JPS Provinsi Jawa Timur

Kediri (beritajatim.com) – Untuk mempercepat penanganan dampak pandemi Covid-19 Provinsi Jawa Timur, Pemerintah Kabupaten Kediri menyalurkan bantuan jaring pengaman sosial atau JPS kepada puluhan ribu masyarakat kurang mampu. Penyaluran bantuan uang tunai Rp 200 ribu tersebut dilakukan melalui kerjasama Bank Jatim dengan menggunakan protokol kesehatan.

Bantuan diterimakan pada masyarakat tiga Kecamatan, Grogol, Tarokan dan Banyakan Kabupaten Kediri. Mereka merupakan warga terdampak Covid-19 yang belum terdata pada BPNT, PKH dan bantuan sosial reguler pemerintah lainnya.

Penyaluran bantuan dilakukan oleh Dinas Sosial bersama Bank Jatim Cabang Pare dengan menerapkan protokol kesehatan yaitu, memakai masker dan menjaga jarak. Seperti yang tengah berlangsung di Desa Sonorejo, Kecamatan Grogol ini, penerima tertib mengantre bantuan.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kediri Suharsono mengatakan, penyaluran bantuan JPS dari Provinsi Jawa Timur ini bertujuan untuk mempercepat penanganan dampak Covid-19.

“Untuk nilai bantuan kali ini sebesar Rp 200 ribu yang akan disalurkan selama tiga bulan yakni Mei, Juni dan Juli,” ujar Suharsono, Plt Kepala Dinsos Kabupaten Kediri.

Sebagai penyalur bantuan, Bank Jatim Cabang Pare menyampaikan rasa terima kasih atas kepercayaan dari Pemerintah Kabupaten Kediri. Pihaknya mengerahkan seluruh pegawainya agar proses penyaluran cepat dan tepat sasaran.

Adapun teknis penyaluran bantuan yaitu, Bank Jatim menerima data penerima dari Dinas Sosial untuk dibukakan rekening virtual account massal dalam tempo satu hari. Kemudian setelah dilakukan verifikasi sesuai persyaratan akhirnya bantuan disalurkan kepada masyarakat.

Atas nama masyarakat, Camat Grogol Suherman menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah. Pihaknya berharap bantuan tersebut bermanfaat bagi warganya . dirinya juga berpesan agar warga senantiasa bersabar dalam menghadapi musibah pandemi Covid-19 dan tetap melaksanakan aktivitas dengan mengedepankan protokol kesehatan.

Data dari Dinsos Kabupaten Kediri menyebutkan jumlah penerima bantuan jps keseluruh mencapai 30 ribu KPM . Mereka tersebar pada 26 wilayah kecamatan dengan adanya bantuan JPS dan bantuan sosial reguler lainnya diharapkan seluruh masyarakat kurang mampu yang terdampak covid-19 tercover oleh bantuan sosial dari pemerintah . [adv kominfo/nm]

Apa Reaksi Anda?

Komentar