Politik Pemerintahan

3 Warga Positif, Pemkab Ponorogo Tetapkan Tanggap Darurat Covid-19

Bupati Ipong Muchlissoni (foto/dok.beritajatim.com)

Ponorogo (beritajatim.com) – Mulai hari ini, Senin (6/4)2020), Bupati Ipong Muchlissoni menetapkan Pemkab Ponorogo dengan status tanggap darurat virus corona. Itu dilakukan pasca 3 warganya sudah terkonfirmasi positif Covid-19 tersebut.

Dengan status tersebut, pasien-pasien terkait virus corona yang dirawat di RSUD dr Harjono maupun rumah sakit swasta pembiayaannya akan ditanggung pemerintah daerah setempat.
“Jadi mulai hari ini statusnya ditingkatkan menjadi tanggao darurat virus corona,” kata Ipong, Senin siang.

Dengan status tersebut, Pemkab Ponorogo, kata Ipong mempermudah untuk penanggulangan virus yang berasal dari kota Wuhan, China tersebut. Baik itu untuk penanganan medisnya maupun jaring pengaman sosial dampak dari mewabahnya virus tersebut. “Jadi kami punya dasar jika melakukan penganggaran terkait mengatasi virus corona ini,” ungkapnya.

Ipong memberikan contoh, Pemkab akan mengeluarkan anggaran untuk pembuatan tempat-tempat isolasi. Atau pihaknya akan membantu orang-orang yang terdampak dari virus ini, seperti memberikan sembako atau bantuan bentuk lainnya. Itu sangat dimungkinkan karena status tanggap darurat ini.

Sekedar diketahui, pada Minggu (5/4/2020) kemarin, ada tiga warga Ponorogo yang saat ini dinyatakan positif Covid-19. Itu terkonfirmasi dari hasil Swab di Laboratorium Universitas Airlangga (Unair) Surabaya. Tiga orang yang sudah positif tersebut, merupakan perwakilan dari Ponorogo yang beberapa waktu lalu melakukan pelatihan petugas haji di asrama haji Sukolilo Surabaya. “Yang sudah positif itu, sudah dirawat di RSUD dr. Harjono sejak seminggu yang lalu,” kata Ipong.(end/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar