Politik Pemerintahan

3 TPS di Kota Malang Bakal Coblosan Ulang pada 25 April

Malang (beritajati.com) – Setelah mendapat rekomendasi dari Bawaslu Kota Malang untuk Pemungutan Suara Ulang (PSU). KPU Kota Malang telah menentukan tanggal untuk coblosan ulang, yakni pada 25 April mendatang.

Ketua KPU Kota Malang, Zainudin mengatakan tiga TPS yang bakal melakukan PSU adalah TPS 9 Bunulrejo, Kecamatan Blimbing, TPS 14 Penaggungan, dan TPS 17 Sukoharjo, keduanya masuk Kecamatan Klojen.

“Kami mengusulkan tanggal 25 April. Kenapa PSU karena ada selisih dengan jumlah pemilih yang seharusnya. Artinya ada pemilih yang tidak berhak, tapi nyoblos di TPS itu,” kata Zainudin, Senin (22/4/2019).

Adapun, jenis-jenis pelanggaran di masing-masing TPS rata-rata karena penggunaan e-KTP. Seperti di TPS 14 Penanggungan sebanyak 3 warga nyoblos hanya bermodal e-KTP.

Kemudian di TPS 17 Sukoharjo, 8 orang datang ke TPS mengunakan hak pilih tanpa membawa surat A5. Di TPS 9 Bunulrejo ada 8 orang yang seharusnya dapat 2 surat suara namun justru mendapat 5 surat suara. Di TPS ini, 8 orang mengantongi surat pindah pilih atau form A5.

“Ini bisa terjadi karena faktor kelalaian petugas. Kami secara teknis akan menyiapkan segala sesuatunya termasuk penyediaan logistik untuk tiga tempat yang PSU itu,” papar Zainudin.

KPU Kota Malang telah melakukan pertemuan dengan Bawaslu dan Panwascam sekaligus PPS untuk membahas PSU. Selanjutnya, KPU bakal meminta kiriman logistik dari KPU RI untuk menyelenggarakan PSU.

“Logistik surat suara kami minta ke KPU RI melalui KPU Provinsi karena domainnya ada di KPU RI. Di kita ada surat suara cadangan untuk DPRD tingkat kota. Tapi sebagai antisipasi kita minta lima jenis surat suara,” tandasnya. [luc/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar