Politik Pemerintahan

248 Desa di Jember Wajib Punya Lagu, Tarian, dan Batik Tradisional Lokal

Bupati Hendy Siswanto dan Ketua Tim Penggerak PKK Kasih Fajarini

Jember (beritajatim.com) – Bupati Hendy Siswanto berjanji akan membantu aktivitas seni budaya di Kabupaten Jember, Jawa Timur. Dia percaya seni budaya akan memberi kontribusi dalam pengembangan perekonomian.

Hendy ingin desa-desa di Jember memiliki kegiatan seni budaya yang mengungkit perekonomian. “Kita punya 248 desa dan kelurahan. Silakan membuat lagu. Saya berkali-kali menyampaikan, setiap desa harus mempunyai lagu khusus sendiri. Ciptakan itu. Setiap desa harus punya tarian sendiri. Ciptakan itu. Setiap desa harus punya batik sendiri. Ciptakan itu,” katanya, saat menyambut kedatangan rombongan kelompok musik Linkrafin di Pendapa Wahyawibawagraha, Rabu (26/5/2021).

Hendy ingin mewujudkan desa cerdas atau smart village. “Bukan hanya di kota saja, tapi di desa-desa di Jember ada budaya lengkap dan itu mewakili Kabupaten Jember. Ini tantangan buat teman-teman (pelaku) seni budaya. Membuat 248 lagu bukan hal sederhana, yang sesuai kearifan lokal. Di era kami ini wajib jadi,” katanya.

“Kehebatan di Jember sudah terlalu banyak diambil orang lain. Kami sekarang tidak mau lagi diambil-ambil orang lain. Yang kita punya kemarin hanya JFC (Jember Fashion Carnaval) yang sudah mendunia. Kami sekarang menantang warga Jember: ayo bikin semua yang hebat seperti JFC,” kata Hendy. [wir/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar