Politik Pemerintahan

24 Desa di Sumenep Siap Cairkan BLT Bagi Warga Terdampak Covid-19

Sumenep (beritajatim.com) – Sebanyak 24 desa di Sumenep siap mencairkan bantuan langsung tunai (BLT) bagi warga terdampak Covid-19.

“Anggarannya diambilkan dari dana desa (DD). Mekanismenya, dari pemerintahan desa mengajukan ke Pemkab untuk pencairan BLT tersebut,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sumenep Moh Ramli, Kamis (07/05/2020).

Ia memaparkan, pendataan siapa saja warga yang berhak memperoleh BLT tersebut dilakukan oleh relawan Covid-19 yang telah mendapatkan surat mandat dari kepala desa.

“Kemudian validasi data itu dilakukan melalui musyawarah desa, karena anggaran yang digunakan itu DD. Nanti disetujui dan juga mengetahui Camat setempat,” terangnya.

Penggunaan Dana Desa (DD) untuk BLT bagi warga terdampak Covid-19 sejalan dengan Surat Edaran (SE) Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) No 8 Tahun 2020 tentang Desa Tanggap Covid-19 dan Penegasan Padat Karya Tunai Desa, tertanggal 24 Maret 2020.

“Untuk Sumenep, baru 24 Desa yang siap dicairkan. Untuk desa-desa lain masih dalam proses. Pencairannya melalui BPRS dan langsung masuk ke rekening penerima,” jelas Ramli.

BLT bagi warga terdampak Covid-19 telah ditetapkan sebesar Rp 600.000 per bulan. Dana itu akan dicairkan per triwulan, sehingga masing-masing penerima akan mendapatkan kucuran dana Rp 1.800.000. “Kalau bantuan berupa sembako sudah disalurkan ke masing-masing desa,” ujarnya. (tem/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar