Politik Pemerintahan

24 Desa di Bangkalan Sandang Status Desa Tertinggal

Bupati Bangkalan R Abdul Latif Amin Imron

Bangkalan (beritajatim.com) – Sebanyak 24 desa di Kabupaten Bangkalan, masih menyandang status desa tertinggal. Sehingga sampai saat ini, seluruh desa tersebut mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat.

Bupati Bangkalan, R Abdul Latif Amin Imron meminta para Kepala Desa (Kades) segera melakukan upaya pengentasan desa tertinggal dengan memanfaatkan bantuan yang ada. Melalui bantuan tersebut, berbagai program bisa diwujudkan sehingga status desa berubah menjadi mandiri.

“Ada 24 desa tertinggal di Bangkalan dan mendapat bantuan. Namun jangan sampai desa yang sudah maju menurunkan kualitas hanya demi mendapat bantuan,” kata Bupati Bangkalan.

Ia juga mengatakan, bantuan penyandangan status desa tertinggal tak akan ada lagi di tahun 2021 mendatang. Pasalnya, di 2021 pemerintah akan memberi bantuan pada desa mandiri.

“Di 2021 desa mandiri akan mendapat bantuan untuk pengembangan potensi desa, maka mari berlomba untuk menjadikan masing-masing desa mandiri,” imbuhnya.

Selain itu, bupati juga meminta seluruh perangkat desa untuk memanfaatkan dana desa dengan baik. Ia bahkan meminta penyerapan dan realisasi program dilakukan sejak tahap awal.

“Jadi jangan sampai ada yang menyalahgunakan dana desa, sebab para APH di masing-masing wilayah juga telah melakukan pendampingan,” tandasnya.

Sekedar diketahui, 24 desa tersebut yakni Desa Gili Barat, Gili Timur, Pandebeh dan Pajungan dari Kecamatan Kamal, lalu ada Desa Makam Agung, Kecamatan Arosbaya. Sementara di Kecamatan Tanjung Bumi ada Desa Tambak Pocok, Larangan Timur, Dungkeng, Bandeng Dajah, Tebungguh dan Pelanggiran.

Untuk di Kecamatan Kokop ada Desa Ampara’an dan Bantian Laok, di Kecamatan Tanah Merah ada Desa Tanah Merah Laok dan Lambek, lalu di Kecamatan Tragah ada Desa Tambin, Bencang, Je’eh, dan Masaran. Kecamatan Modung ada Desa Lang Panggang, Serabi Timur, Karang Anyar, Sua’an serta di Kecamatan Galis Desa Lantek timur. [sar/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar