Politik Pemerintahan

23 Desa di Ponorogo Bakal Lakukan Pilkades Serentak

Ponorogo (beritajatim.com) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ponorogo tahun ini akan mengadakan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak.

Pilkades serentak tahun 2022 ini, rencananya akan digelar pada tanggal 22 November nanti. Diikuti sedikitnya ada 23 Desa yang tersebar di 13 Kecamatan yang ada di bumi reog.

“Insyallah bulan November nanti pelaksanaan Pilkades serentaknya. Ada 23 desa yang nantinya bakal melakukan Pilkades serentak,” kata Kepala Bidang (Kabid) Pemerintah Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Ponorogo, Anik Purwani, Selasa (13/9/2022).

Tahapan Pilkades serentak untuk saat ini, kata Anik sedang dalam proses sosialisasi Pilkades lewat tingkat kecamatan.

Dari 13 Kecamatan yang menggelar Pilkades itu, meliputi Kecamatan Slahung , Ngrayun , Bungkal, Jetis , Siman, Balong, Kauman, Sampung, Sukorejo , Babadan, Ngebel , Jenangan dan Jambon.

“Dari 13 Kecamatan itu, Kecamatan yang desanya banyak menyelenggarakan Pilkades serentak, adalah Kecamatan Siman sebanyak 4 desa,” katanya.

Karena hingga saat ini belum ada pencabutan atas status tanggap darurat Covid-19. Maka dalam proses Pilkades nanti akan menggunakan protokol kesehatan Covid. Dengan aturan itu, otomatis jumlah pemilih tiap tempat pemungutan suara (TPS) dibatasi. Tiap TPS nanti dibatasi hanya maksimal 500 pemilih.

“Meski kini Covid-19 sudah tidak ada, namun Pemerintah belum mencabut status pandeminya, sehingga pelaksanaan Pilkades serentak nanti menggunakan protokol kesehatan,” pungkasnya. (end/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar