Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

22 Parpol Lolos Verifikasi Administrasi KPU Kota Malang, Ini Daftarnya

Anggota Komisioner KPU Kota Malang, M Toyib dan Deni Bachtiar.

Malang(beritajatim.com) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Malang telah menuntaskan tahapan verifikasi administrasi keanggotaan partai politik calon peserta Pemilu 2024. Dari 24 partai politik nasional yang diterima pendaftarannya oleh KPU RI, ada dua partai politik yang tidak menyerahkan berkasnya untuk Kota Malang.

Komisioner KPU Kota Malang Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu, Deni Bachtiar mengatakan, penyebab dua parpol tidak daftar di Kota Malang merupakan ranah partai masing-masing. KPU tidak berhak menjelaskan secara rinci karena bukan kewenangannya.

“Ya, dari 24 parpol yang dinyatakan lengkap sehingga lolos ke tahap verifikasi administrasi, untuk dua (parpol) tidak ada di Kota Malang. Jadi hanya ada 22 di Kota Malang. Dua parpol itu yakni Partai Gelora sama Partai Republik Satu. Mungkin saja, yang dipusat tidak mendaftarkan di Kota Malang bisa saja,” kata Deni Bachtiar, Rabu, (14/9/2022).


Deni menuturkan, verifikasi parpol langsung ke KPU RI melalui website sistem informasi partai politik (Sipol) dilanjutkan dengan pengumpulan berkas cetak (hard copy). Sedangkan di KPU Kota Malang mulai Kamis, 15 September 2022 besok memasuki masa perbaikan verifikasi administrasi dan faktual.

Selanjutnya, KPU Kota Malang pada 1 Oktober sampai 29 Oktober mendatang akan melakukan verifikasi dokumen keanggotaan parpol. Merujuk pada regulasi aturan per seribu. Di Kota Malang masing-masing parpol minimal harus memiliki 867 anggota sesuai jumlah pemilih 867 ribu.

“Persyaratan parpol 100 persen kepengurusan di tingkat provinsi, 75 persen kepengurusan di tingkat kota dan kabupaten. 50 persen tingkat kecamatan. Jumlah anggotanya se-perseribu dan partai rata-rata di atas itu. Lalu kami melakukan verifikasi faktual pada 15 Oktober hingga 4 November untuk kepengurusan sampai keanggotan,” tandas Deni.

Berikut daftar parpol lolos verifikasi administrasi di KPU RI untuk Kota Malang

  1. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P)
  2. Partai Keadilan dan Persatuan (PKP)
  3. Partai Keadilan Sejahtera (PKS)
  4. Partai Bulan Bintang (PBB)
  5. Partai Persatuan Indonesia (Perindo)
  6. Partai Nasdem
  7. Partai Kebangkitan Nusantara (PKN)
  8. Partai Garda Perubahan Indonesia (Garuda)
  9. Partai Demokrat
  10. Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura)
  11. Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra)
  12. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)
  13. Partai Solidaritas Indonesia (PSI)
  14. Partai Amanat Nasional (PAN)
  15. Partai Golongan Karya (Golkar)
  16. Partai Persatuan Pembangunan (PPP)
  17. Partai Rakyat Adil Makmur (Prima)
  18. Partai Buruh
  19. Partai Republik
  20. Partai Ummat
  21. Partai Republiku Indonesia
  22. Partai Swara Rakyat Indonesia (Parsindo)

[luc/beq]


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Shin Tae Yong Puji Rumput Lapangan Thor Surabaya

Menjajal Mobil Listrik Wuling Air ev