Politik Pemerintahan

2020, Kemenhub Tetap Programkan Penerbangan Perintis Sumenep – Pulau Pagerungan

Sumenep (beritajatim.com) – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI tetap memprogramkan penerbangan perintis dengan rute Sumenep – Pulau Pagerungan di tahun 2020.

“Saat ini untuk lelang sudah dalam tahap penentuan pemenang. Kebetulan pemenang operator penerbangannya sama seperti tahun lalu yakni Susi Air,” kata Kepala Unit Penyelenggara Bandara Kelas III Trunojoyo Sumenep, Indra Triyantono, Jumat (20/12/2019).

Sejak 25 September 2019, penerbangan perintis di jalur Sumenep-Pagerungan dilayani oleh pesawat jenis Cessna Grand Caravan milik Susi Air. Pesawat tersebut berkapasitas maksimal 10 penumpang.

Penerbangan perintis dari Bandara Trunojoyo Sumenep ke Bandara Pagerungan di Kecamatan Sapeken dan sebaliknya, dilakukan satu minggu satu kali. “Saat ini proses lelang masih menunggu masa sanggah. Kalau tidak ada sanggahan, maka Insya Allah pada 31 Desember pemenang lelang sudah tanda tangan kontrak. Jadi pada 1 Januari 2020, sudah bisa terbang lagi ke Pulau Pagerungan,” papar Indra.

Untuk sampai di Bandara Pulau Pagerungan dari Bandara Trunojoyo menggunakan pesawat perintis, diperlukan waktu tempuh sekitar satu jam. Sementara apabila menggunakan jalur laut dari Pelabuhan Kalianget ke Pulau Pagerungan, diperlukan waktu tempuh sekitar 12 jam dalam kondisi cuaca normal. (tem/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar