Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

20 ASN Pemkab Malang Terima Satya Lencana Karya Satya

Malang (beritajatim.com) – Sebanyak 20 Aparatur Sipil Negara atau ASN Pemerintah Kabupaten Malang, menerima penghargaan berupa penganugerahan tanda kehormatan Styalancana Karya Satya, Selasa (4/1/2021).

Penyerahan tanda kehormatan tersebut diserahkan langsung oleh Bupati Malang HM Sanusi di Halaman Pendopo Agung, Kabupaten Malang, Jalan Merdeka Timur no.3, Kota Malang, saat apel pagi.

“Penghargaan ini melalui keputusan Presiden no: 104/TK/tahun 2021 tertanggal 20 September 2021, dan telah melalui tahapan verifikasi yang dilakukan oleh Kementerian Dalam Negeri dan Sekretariat Negara, mereka telah memenuhi kreteria untuk mendapatkan penghargaan ini,” ucap Sanusi, dalam sambutannya.

Sanusi menjelaskan, dengan adanya penghargaan tersebut, merupakan suatu kebanggan tersendiri bagi Pemkab Malang, karena masih banyak ASN yang telah melakukan pengabdian dengan baik berorientasi tinggi.

“Penghargaan Satyalancana Karya Satya itu langsung dari Presiden, ini tentu menjadi peristiwa membanggakan yang patut disyukuri dan disambut sukacita para ASN, mengingat ASN penerima penghargaan ini dinilai telah menunjukkan dedikasi terbaiknya kepada bangsa dan negara, selamat atas penghargaan tersebut dan diharapkan prestasi serta pengabdiannya terus ditingkatkan,” jelasnya.

Menurut Sanusi, Satyalancana Karya Satya sendiri adalah sebuah penghargaan yang diberikan kepada pegawai negeri sipil (PNS) atau ASN yang telah berbakti selama 10/20 atau 30 tahun lebih secara terus menerus dengan menunjukkan kecakapan, kedisiplinan, kesetian dan pengabdian sehingga dapat dijadikan teladan bagi setiap pegawai lainnya.

“Jadikan penyematan Satyalancana Karya Satya ini sebagai motivasi untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas dalam menjalankan tugas secara profesional. Sehingga dapat dimaknai sebagai suatu kemampuan untuk menjalankan tugas dan menyelenggarakan pelayanan publik berkualitas, efektif, efisien serta tepat waktu, dengan prosedur yang mudah dan sederhana,” harap Sanusi.

Sanusi menjelaskan, profesionalitas ASN juga harus didukung dengan penguatan budaya kerja ASN yang perlu diwujudkan melalui penerapan Core Values ASN Berakhlak, yakni Berorientasi pada pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.

“Jika itu semua bisa berjalan, maka akan bisa membangun sinergitas untuk mendukung program Pemkab Malang dengan prinsip 5K yaitu Kerja Keras, Kerja Cerdas, Kerja Ikhlas, Kerja Tuntas, dan Kerja Prestasi,” terangnya.

Sanusi juga mengajak, para ASN di Lingkup Pemkab Malang, supaya di awal tahun 2022 ini dapat bergerak bersama menyongsong tahun yang baru dengan semangat baru, dan cara-cara baru, yang lebih fresh dan kreatif.

“Mari kita jadikan momentum ini untuk lebih meningkatkan kinerja kita agar pelayanan semakin berkualitas dan masyarakat secara bertahap juga akan merasakan dampak positifnya,” Sanusi mengakhiri. [yog/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar