Politik Pemerintahan

2 Kader Terbaik PKB Ditunjuk sebagai Pimpinan di DPRD Pamekasan

Ketua DPC PKB Pamekasan, Ali Wafa Subki.

Pamekasan (beritajatim.com) – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Pamekasan, secara resmi menunjuk dua kader terbaik mereka untuk mengisi komposisi penting di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setempat, periode 2019-2024.

Kedua kader tersebut merupakan para politisi muda, mereka dinyatakan lolos sebagai wakil rakyat hasil Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) yang digelar serentak pada 17 April 2019 lalu. Masing-masing Khairul Umam dan Syafiuddin, keduanya merupakan anggota dewan baru dari dua daerah pemilihan (dapil) berbeda.

“Untuk komposisi pimpinan dari PKB di DPRD Pamekasan, semuanya sudah tuntas. Ketua Fraksi dijabat Khairul Umam dan unsur pimpinan (Wakil Ketua DPRD Pamekasan) ditempati Syafiuddin,” kata Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PKB Pamekasan, Ali Wafa Subki kepada beritajatim.com, Jum’at (6/9/2019).

Kebijakan tersebut merupakan keputusan melalui berbagai tahapan seleksi sesuai dengan mekanisme dan regulasi internal partai. Bahkan dari total 7 (tujuh) anggota terpilih sebagai wakil rakyat dari PKB, semuanya diusulkan untuk dua posisi tersebut.

“Jadi dalam penetapan kebijakan ini, semua anggota dewan terpilih kita usulan untuk posisi struktural di DPRD Pamekasan. Akhirnya ditetapkan dua nama yang dinilai layak untuk mengisi posisi sebagai ketua fraksi maupun pimpinan di DPRD Pamekasan,” ungkap politisi yang akrab disapa Ra Ali.

Seperti diketahui, PKB merupakan satu dari lima partai politik (parpol) peserta pemilu di Bumi Gerbang Salam yang mendapat jatah pimpinan di Gedung Wakil Rakyat di Jl Kabupaten 107 Pamekasan. Mereka menjadi parpol peraih kursi terbanyak di legislatif dengan raihan tujuh kursi.

Berdasar hasil pleno terbuka KPU Pamekasan, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) kembali menjadi parpol peraih kursi terbanyak yang mendelegasikan 12 kader sebagai wakil rakya. Total tersebut berasal dari lima dapil berbeda di 13 kecamatan di Pamekasan.

Posisi kedua ditempati PKB dengan 7 (tujuh) anggota dewan, disusul Partai Demokrat dengan 6 (enam) kader, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sebanyak 5 (lima) kader, serta Partai Gerindra sebanyak 4 (empat) kader.

Sedangkan lima parpol lainnya, harus menjalin koalisi guna melengkapi komposisi fraksi di DPRD Pamekasa, yakni Partai Golkar dan Partai Bulan Bintang (PBB) masing-masing mendelegasikan sebanyak 3 (tiga) kader, serta satu anggota Perindo yang membentuk koalisi Fraksi Madani.

Dua parpol lainnya, yakni Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai NasDem dengan delegasi masing-masing sebanyak 2 (dua) kader. Kedua parpol tersebut akhirnya menjalin koalisi dengan membentuk Fraksi PAN-NasDem di DPRD Pamekasan.

Sementara ketujuh anggota DPRD Pamekasan dari PKB terdiri dari dua dari anggota dewan incumbent, yakni Imam Hosairi dan Samsuri. Sedangkan lima lainnya merupakan anggota baru, yakni Abd Aziz, Khairul Umam, Syafiuddin, HM Lutfi dan Moh Zainal Arifin. [pin/kun





Apa Reaksi Anda?

Komentar