Politik Pemerintahan

2 Kader PPP Bakal Pimpim DPRD Pamekasan Bergantian

Dua kader terbaik PPP Pamekasan, Halili Yasin (baju PPP) bersama Fathor Rahman (baju batik), saat menghadiri pertemuan di Surabaya.

Pamekasan (beritajatim.com) – Komposisi Alat Kelengkapan Dewan (AKD) di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pamekasan, Periode 2019-2024. Bakal segera rampung menyusul beredarnya surat Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Surat DPP PPP bernomor 2271/IN/DPP/IX/2019 tentang Persetujuan Pimpinan DPRD Pamekasan, menyebar luas di berbagai jejaring media sosial (medsos) per hari ini, Senin (30/9/2019). Padahal dalam surat yang ditanda tangani Plt Ketua Umum H Suharso Monoarfa dan Sekjen H Arsul Sani, tertanggal 13 September 2019 lalu.

Dalam surat yang ditujukan untuk pengurus Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PPP Provinsi Jawa Timur, terdapat empat poin penting seputar persetujuan Pimpinan DPRD Pamekasan. Khususnya untuk kuota Ketua DPRD Pamekasan, sebab PPP Pamekasan tercatat sebagai partai politik (parpol) pemenang Pemilu 2019 lalu.

Keempat poin tersebut, salah satunya merekomendasikan dua nama berbeda sebagai kandidat Ketua DPRD Pamekasan Pamekasan, yakni Halili Yasin dan Fathor Rohman. Masing-masing mendapat jatah selama 2,5 tahun dari total lima tahun masa jabatan.

Dalam rekomendasi tersebut juga tertulis, rekomendasi untuk 2,5 tahun pertama dijabat Fathor Rohman dan sisanya dijabat Halili Yasin. Bahkan untuk nama Halili Yasin tetap menjabat sebagai Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PPP Pamekasan, menggantikan posisi KH Mondhir Kholil yang mengundurkan diri.

Tidak hanya itu, dalam rekomendasi tersebut juga terdapat instruksi bagi DPC PPP Pamekasan untuk segera menindak lanjuti dan memproses posisi Ketua DPRD Pamekasan, sesuai dengan regulasi dan perundang-undangan yang berlaku.

Namun hingga berita ini ditulis belum ada keterangan resmi dari pihak DPC PPP Pamekasan, termasuk saat beritajatim.com mencoba menghubungi Ketua DPC PPP Pamekasan, Halili Yasin dan terdengar nada panggilan dialihkan.

Seperti diketahui, saat ini komposisi AKD di gedung wakil rakyat baru tuntas di tingkatan fraksi. Tercatat sebanyak tujuh fraksi yang dipastikan berkantor di gedung dewan di Jl Kabupaten 107 Pamekasan, yakni Fraksi Demokrat dipimpin Ismail, Fraksi Gerindra dipimpin Rida’i sebagai ketua, Fraksi PKS dijabat Suyono, Fraksi PKB ditempati Khoirul Umam, serta Fraksi PPP yang dipercayakan kepada Achmadi.

Sementara dua fraksi lainnya yang merupakan fraksi parpol gabungan, masing-masing Fraksi Madani (Golkar, PBB dan Perindo) dijabat politisi Golkor, Achmad Tatang. Serta Fraksi PAN-NasDem yang dipercayakan untuk dijabat politisi muda NasDem, Hamidi.

Sementara disinggung soal komposisi pimpinan, baik posisi ketua maupun wakil ketua di lingkungan DPRD Pamekasan, ditempati empat legislator dari empat parpol berbeda. Masing-masing H Hermanto (Demokrat), Harun Suyono (PKS) dan Syafiuddin (PKB). Mereka bakal menjabat sebagai wakil ketua DPRD Pamekasan.

Sementara posisi ketua DPRD Pamekasan, bakal dijabat politisi dari parpol berlogo Ka’bah. Masing-masing 2,5 tahun kedepan untik Fathor Rohman dan 2,5 tahun berikutnya bakal dijabat Halili Yasin. [pin/ted]





Apa Reaksi Anda?

Komentar