Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

2 Camat Meninggal Dunia, 15 Jabatan Eselon II dan III Jember Alami Kekosongan

Bupati Jember Hendy Siswanto

Jember (beritajatim.com) – Kabupaten Jember tengah menghadapi persoalan kekosongan jabatan setingkat eselon II dan III. Meninggalnya dua camat baru-baru, jumlah jabatan kosong kini jadi 15 sehingga diisi oleh pelaksana tugas (plt).

Dua camat yang meninggal dunia tersebut yaitu Camat Sukorambi, Yulia Purnamasari, pada 30 Maret 2022 dan Camat Ambulu, Daryanto, pada 11 April 2022. Dugaan sementara, keduanya meninggal karena sakit.

Bupati Jember, Hendy Siswanto, menyampaikan duka cita atas meninggalnya dua camat tersebut.

“Kami sangat berduka sekali. Mudah-mudahan khusnul khotimah,” ujar Hendy.

Karena kosong, jabatan camat untuk sementara diisi oleh sekretaris camat sebagai plt. Hendy menjamin kegiatan pemerintahan dan pelayanan publik tetap berjalan.

Dia juga akan menghadiri prosesi pemakaman pemakaman Daryanto di Kecamatan Semboro, yang dijadwalkan pada Selasa (12/4/2022) pagi ini.

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Jember, ada enam kursi camat yang kosong saat ini. Kekosongan jabatan terjadi di Kecamatan Ambulu, Rambipuji, Gumukmas, Sukorambi, Sumberbaru, dan Wuluhan.

Sementara itu untuk posisi eselon II, ada enam kursi kepala OPD yang kosong. Jabatan tersebut yaitu Dinas Sosial, Dinas Perikanan, Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, dan Badan Pendapatan Daerah.

Tiga posisi asisten juga kosong, yakni Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan, dan Asisten III Bidang Administrasi Umum.

Hendy mengatakan pengisian jabatan kosong definitif akan dilakukan setelah lebaran. Ia tidak mau terburu-buru agar bisa menentukan orang yang tepat untuk mengisi jabatan.

“Yang penting pelayanan bagus,” katanya.

Kepala BKPSDM, Suko Winarno, mengatakan enam posisi camat yang kosong bisa diisi dengan penunjukan langsung. Sementara untuk posisi eselon II dilakukan lelang jabatan. [wir/beq]


Apa Reaksi Anda?

Komentar