Politik Pemerintahan

Penangguhan Umrah Akibat Virus Corona

2 Bulan Terakhir Imigrasi Kediri Layani Pembuatan 1.874 Paspor Umrah

Kediri (beritajatim.com) – Hari ini Pemerintah Arab Saudi mengeluarkan maklumat penangguhan sementara umrah dan ziarah ke Masjid Nabawi bagi jemaat di seluruh dunia. Pemenang visa turis juga ditangguhkan perjalannya, berkaitan dengan pencegahan penyebaran virus corona.

Penangguhan ini berlaku untuk seluruh jemaah, tak terkecuali dari Kabupaten Kediri. Terkait informasi tersebut, Kementerian Agama setempat menyampaikan langsung informasi itu kepada masyarakat dan biro perjalanan yang berwenang mengurusi umrah.

“Urusan umrah menjadi wewenang biro perjalanan ataupun travel. Sedangkan Kemenag hanya mengurusi masalah haji. Namun demikian kami tetap memberitahuan kebijakan baru ini kepada masyarakat yang datang ke Kantor Kemenag,” kata Aziz Oesman, Kasi Penyelenggara Umrah Dan Haji (PHU) Kantor Kemenag Kabupaten Kediri, Kamis (27/2/2020).

Masih kata Aziz, Kemenag hanya melayani permohonan rekomendasi paspor calon jemaah umrah. Namun pihaknya memastikan pelayanan tidak berpengaruh terhadap penangguhan tersebut.

“Usia berlaku dokumen keimigrasian ini cukup panjang hingga lima tahun. Sehingga pemohon rekomendasi tidak terpengaruh. Mengingat kebijakan ini bisa berubah sewaktu-waktu, bisa lima bulan atau satu tahun, saat terjadinya wabah virus corona,” ungkap Aziz.

Dijelaskan Aziz, jumlah permintaan rekomedasi ke Kemenag masih sama seperti hari-hari biasanya, tak kurang dari lima orang pemohon. Sementara permohonan sendiri biasanya datang dari biro perjalanan secara kolektif.

Jumlah jemaah umrah, menurut Aziz, biasanya erat kaitannya dengan bulan-bulan baik dan juga momentum liburan. Seperti bulan rojab atau ramadan, jumlah jemaah meningkat karena meyakini bulan istimewa. Pun dengan datangnya hari libur yang biasanya dimanfaatkan oleh para ASN.

Terpisah, Kasubsi Informasi Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Kediri, Afif menyebutkan, untuk bulan Januari hingga Februari (perhari ini), pembuatan paspor dengan maksud untuk umrah sebanyak, Januari 1.216 dan Februari (hari ini) 658 paspor. [nm/ted].





Apa Reaksi Anda?

Komentar