Politik Pemerintahan

2.080 Kotak Suara Tiba di Ponorogo, Ada Logistik yang Akan Produksi

Ketua KPU Ponorogo Munajat (foto/Endra Dwiono)

Ponorogo (beritajatim.com) – Pencoblosan dalam Pilkada serentak tahun ini kurang dari sebulan. Logistik yang akan digunakan dalam pesta demokrasi lima tahunan ini mulai tiba di bumi reyog.

Salah satunya adalah kotak suara. Ternyata, kotak suara pilkada kali ini serupa dengan pemilu legislatif (pileg) tahun lalu. Yakni berbahan kardus.

“Kotak suaranya berjumlah 2.080 kotak, sama dengan jumlah TPS. Jadi satu TPS satu kotak suara,” kata Ketua KPU Ponorogo Munajat, Kamis (12/11/2020).

Seluruh kotak suara saat ini disimpan di gudang KPU di Babadan. Seluruhnya merupakan kotak baru yang dibuat oleh produsen yang menang lelang di KPU pusat. Tiba di Ponorogo masih dalam bentuk lembaran. Petugas nantinya akan mengupah orang untuk merakitnya menjadi kotak suara.

“Informasinya kotak suara ini dari Surabaya, dalam waktu dekat akan kami mulai perakitan,” katanya.

Meski jumlahnya ribuan, Munajat memperkirakan perakitan akan memakan waktu dua hari saja. Logistik lainnya, akan dikirim secara bertahap. Mulai dari alat pelindung diri (APD), perlengkapan logistik lain seperti tinta  maupun segel. Sementara untuk surat suara saat ini sudah dalam tahap persiapan pencetakan. Isi surat suara berupa dua foto masing-masing paslon.

“Rencananya, surat suara akan dicetak pada 17 November ini. Diperkirakan memakan waktu maksimal enam hari,” pungkasnya. (end/ted)





Apa Reaksi Anda?

Komentar