Politik Pemerintahan

195 Peserta di Kabupaten Mojokerto Ikuti Tes Tulis Online Panwaslu

Tes tulis online yang digelar Bawaslu Kabupaten Mojokerto. [Foto: misti/beritajatim]

Mojokerto (beritajatim.com) – Sebanyak 195 orang peserta anggota Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) mengikuti tes tulis secara online di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) PGRI Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto. Dari 195 peserta diambil 54 orang, yang masing-masing kecamatan diisi tiga orang.

Koordinator Divisi (Kordiv) Organisasi dan Sumber Daya Manusia (OSDM) Bawaslu Kabupaten Mojokerto, Wabarozalia Ritonga mengatakan, rekrutmen Panwascam tahun 2020 membutuhkan 54 orang Panwascam di 18 kecamatan yang ada di Kabupaten Mojokerto. “Jadi setiap kecamatan membutuhkan tiga orang,” ungkapnya, Jumat (13/12/2019).

Tahapan rekrutmen Panwascam sendiri, sudah dimulai sejak bulan November 2019 lalu. Ada sebanyak 203 orang yang mendaftar, setelah melalui seleksi administrasi, sebanyak delapan orang dinyatakan gugur. Delapan orang tersebut, lanjut Roza, gugur lantaran umur yang masih belum memenuhi syarat.

“Setelah dinyatakan lulus administrasi, hari ini dilakukan tes online. Ada empat sesi dengan tiga kelas sehingga setiap kelas masing-masing ada 20 peserta. Dalam tes tulis online, ada 100 soal dengan waktu 100 menit. 10 menit free tutorial. Soal tentang kepemiluan, pengawasan parsivikatif, paham-paham tentang Pancasila dan UUD,” katanya.

Roza menjelaskan, soal akumulasi dari Komisioner Bawaslu Provinsi Jawa Timur yang diupload ke pusat. Soal rancak sehingga tidak mungkin antara peserta satu dengan peserta lainnya untuk mencontek. Tes tulis online tersebut langsung ke operator kabupaten-provinsi-RI.

“Tes tulis online tersebut merupakan inovasi terbaru, karena pada tahun-tahun sebelumnya masih menggunakan metode konvensional. Yaitu tes tulis manual, menggunakan kertas. Dengan inovasi tersebut diharapkan Panwascam bisa menguasai teknologi IT,” ujarnya.

Dengan permulaan yang baik tersebut, tambah Roza, untuk generasi Panwascam selanjutnya menciptakan kaum yang milenial yang berteknologi. Setelah dinyatakan lulus tes tulis online hari ini, akan dilakukan tes wawancara mulai tanggal 14 sampai 16 Desember 2019 di kantor Bawaslu Kabupaten Mojokerto. “Nilainya, penggabungan tes tulis dan wawancara. Nantinya akan diambil 54 orang, setiap kecamatan 3 orang karena di Kabupaten Mojokerto ada 18 kecamatan,” jelasnya.[tin/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar