Politik Pemerintahan

19 Tahun Tanpa Peremajaan, Ponorogo Sangat Butuh Mobil Pemadam Kebakaran

Mobil pemadam kebakaran keluaran tahun 1982 sudah tidak bisa digunakan karena rusak parah. (foto/Endra Dwiono)

Ponorogo (beritajatim.com) – Personel pemadam kebakaran Ponorogo harus kembali gigit jari tahun ini. Keinginan untuk mendapatkan mobil pemadam baru gagal terwujud. Pasalnya, tahun 2021 ini Pemkab Ponorogo tidak menganggarkan pengadaan mobil pemadam baru. Hal itu dikarenakan tahun ini, Pemkab setempat masih berfokus untuk penanganan pandemi Covid-19.

“Tahun 2021 tidak ada pengadaan mobil pemadam kebakaran. Masih berfokus penanganan Covid-19 ini,” kata Kepala Satpol PP Kabupaten Ponorogo, Suko Sukartono, Sabtu (6/2/2021).

Jika dikatakan mendesak, Suko mengaku bahwa pengadaan mobil khusus ini ya memang mendesak. Pemkab Ponorogo belum melakukan pengadaan lagi, setelah pengadaan pada tahun 2002 lalu. Saat ini, pihaknya memilik 3 mobil pemadam kebakaran. Dimana satu mobilnya sudah dalam keadaan rusak parah sehingga tidak bisa digunakan.

“Ada 3 mobil pemadam. Yang satu keluaran tahun 1982 itu sudah rusak parah, sehingga tidak bisa digunakan sama sekali,” katanya.

Sementara untuk 2 mobil lainnya merupakan keluaran tahun 2002. Tahun lalu sempat diperbaiki, sehingga saat ini masih bisa digunakan. Suko menyebut jika pihaknya saat ini membutuhkan satu mobil pemadam dan dua mobil suplai air.

“Kami ajukan terus setiap tahun, tetapi tergantung tim anggaran,” katanya.

Angin segar menyelimuti 25 personel pemadam kebakaran tahun lalu. Sebab, dalam APBD tahun tersebut sudah dianggarkan Rp 3 miliar untuk pengadaan. Namun, awal tahun 2020 itu, Ponorogo dilanda Covid-19. Mau tak mau anggaran yang sudah ada itu akhirnya dialihkan ke penanganan Covid-19.

“Tahun 2020 sebenarnya sudah dianggarkan, tetapi dialihkan ke penanganan Covid-19,” pungkasnya. [end/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar