Politik Pemerintahan

185 Pejabat Fungsional Pemkab Lamongan Resmi Dilantik

Prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah PNS dalam jabatan fungsional melalui pengangkatan pertama di lingkungan Pemkab Lamongan, Rabu (27/10/2021).

Lamongan (beritajatim.com) – Sebanyak 185 pejabat fungsional dilantik dan diambil sumpahnya melalui pengangkatan pertama di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lamongan tahun 2021, Rabu (27/10/2021), di ruang Serbaguna Gajah Mada, Lantai 7 Gedung Pemkab Lamongan.

Para pejabat itu dituntut untuk maju mengikuti perkembangan zaman agar bisa berperan dalam membuat birokrasi lebih adaptif dan cepat dalam pelayanan publik serta pengambilan keputusan. Sejalan dengan itu, nilai-nilai dasar ASN tetap harus dipegang teguh agar pelaksanaan tata pemerintahan yang baik bisa dicapai.

Semangat inilah yang melatarbelakangi pembenahan dan perubahan nilai-nilai dasar ASN menuju ke arah yang lebih baik melalui Core Values ‘Berakhlak’ dan Employer Branding ASN yang resmi dicanangkan oleh Presiden RI Joko Widodo, yaitu ASN ‘berakhlak’ dan ‘bangga melayani bangsa’.

Hal itu disampaikan oleh Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi dihadapan 185 pejabat fungsional yang dilantik tersebut. Turut hadir dalam kegiatan ini yakni Wakil Bupati Lamongan Abdul Rouf, Sekretaris Daerah Moh Nalikan, Plt Kepala BKPSDM Yuli Utami, dan segenap Kepala OPD terkait.

“Berakhlak adalah singkatan dari berkinerja dengan berorientasi pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif dan kolaboratif. Sedangkan bangga melayani bangsa memiliki arti bahwa ASN di mana pun dia berada tidak meninggalkan jati dirinya sebagai pelayan yang selalu bangga untuk melayani masyarakat,” tutur Bupati.

Bupati yang akrab disapa Bupati YES ini juga menyatakan, sebagai ASN Kabupaten Lamongan, harus bisa menempatkan diri sebagai pelayan masyarakat dengan berpegang pada prinsip-prinsip yang berorientasi peningkatan kinerja pelaksanaan program dan kegiatan guna kejayaan Lamongan ke depan.

“ASN bukanlah bos masyarakat, tetapi pelayan masyarakat, yang harus adaptif dan responsif, dengan memegang prinsip, pertama think a head, dengan berfikir maju ASN akan dengan mudah berinovasi sistem pelayanan publik. Kedua think again, untuk mengevaluasi program-program yang sudah dijalankan. Ketiga think across, agar tidak cukup puas dengan capaian prestasi yang diraih dan terus berinovasi bagi Lamongan,” terangnya.

Lebih lanjut, pelaksanaan pelantikan pejabat fungsional ini sesuai dengan Surat Edaran (SE) Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor B/563/M.SM.02.00/2020 Tanggal 9 September 2020 perihal pengangkatan ke dalam jabatan fungsional melalui pengangkatan pertama. [riq/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV dan Foto

BPOM RI Segel Jamu Tradisional di Banyuwangi

Korban Pelecehan Harus Berani Lapor

Coba Yuk Spa Kurma di Surabaya

Ketika Melaut Tak Harus Mengantri Solar