Politik Pemerintahan

180 Kades di Sampang Wajib Pahami Perbub No 55

Sampang (beritajatim.com) – Sebanyak 180 Kepala Desa dan 14 Camat se Kabupaten Sampang, Madura, dikumpulkan di Pendopo setempat guna mengikuti Sosialisasi Peraturan Bupati Nomor 55 Tahun 2018 Tentang Pengelolaan Keuangan Desa.

Kegiatan yang dihadiri Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sampang dibawah naungan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) ini juga menjadi ajang silaturami pengukuhan koordinator Asosiasi Kepala Desa (AKD).

Kepala Dinas PMD Sampang, Malik Amrullah mengatakan, kegiatan ini untuk memberikan wawasan dan pengetahuan tentang teknis pelaksanaan Dana Desa (DD) TA 2019. Seperti mekanisme penyaluran dana desa agar tidak ada penyelewengan.

Mulai dari bagaimana penggunaannya, bagaimana melaporkannya sehingga proses peggunaan dana desa di masing-masing desa.

“Usai sosialisasi ini, kami berharap para pemimpin desa paham penggunaan dan manfaat dari dana desa supaya tidak ada penyimpangan,” terangnya, Rabu (6/3/2019).

Hal senada juga disampaikan Bupati Sampang H. Slamet Junaidi bahwa tujuan pemerintah memberikan dana desa yakni meningkatkan pembangunan desa. Misalnya, disektor pembangunan infrastruktur maupun ekonomi kerakyatan.

Apabila pembangunan desa berhasil lanjutnya maka kemajuan dan kesejahteraan masyarakat pun bisa tercapai.

Maka dinilai perlu adanya kesiapan dari pemerintah dan seluruh perangkat desa termasuk pihak kecamatan selaku pengawas pendamping dalam pelaksanaan DD tahun 2019.

“Ke depannya harapan saya, kepala desa paham cara penggunaan DD serta ada sinergitas antara desa dan pemerintah kabupaten. Karena ukuran daerah maju adalah tidak ada desa yang tertinggal,” tegas H Idi.[sar/ted]


Apa Reaksi Anda?

Komentar