Politik Pemerintahan

180 Desa di Sampang Belum Cairkan DD, Ada Apa?

Sampang (beritajatim.com) – Sesuai data Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Pemkab Sampang, sebanyak 180 Desa dan 6 Kelurahan tersebar 14 Kecamatan. Hingga saat ini, belum satupun mengajukan pencairan Dana Desa (DD).

Malik Amrullah Kepala Dinas PMD setempat mengatakan, semestinya, Mei hingga Juni ini, Kades mulai mengajukan pencairan DD. “Kalau pengajuan ADD-nya sebagian sudah ada yang mengajukan. Kalau mengacu pada tahun sebelumnya, biasanya pertengahan tahun,” ujarnya, Senin (20/5/2019).

Pria yang akrab disapa Malik itu mengaku tidak tahu secara detail alasan Kades belum mengajukan pencairan DD. Seperti yang terjadi sebelumnya, Malik menceritakan, lambatnya pengajuan pencairan DD lantaran sering terjadinya perubahan APBDes di tingkat Desa.

“APBDes-nya sudah selesai, tapi ada musyawarah lagi, mengubah lagi. Ya biasa lah, mau ini tapi berubah lagi-berubah lagi,” imbuhnya.

Secara teknis,  Malik menjelaskan, aparatur dan perangkat desa Mayoritas telah paham menjalankan aplikasi sistem keuangan desa (siskeudes). Sirinya menekankan kepada Kades segera mengajukan pencairan DD. Sebab, setiap tahun Pemerintah pusat mengelontorkan anggaran terus meningkat.

“Per Desa mayoritas menerima DD di atas Rp 1 miliar. Ada juga yang lebih, bahkan kalau dengan ADD bisa mencapai Rp 1,5 miliar hingga Rp 2 miliar,” tandasnya. [sar/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar