Politik Pemerintahan

179 Pegawai Negeri Sipil di Kabupaten Sidoarjo Masuki Masa Purna Tugas

Sidoarjo (beritajatim.com) – Sebanyak 179 Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang bertugas di lingkungan Pemkab Sidoarjo bersama-sama mengikuti pelepasan yang akan memasuki masa purna tugas periode April s/d Juni 2021 di Pendopo Delta Wibawa Rabu (24/3/2021).

Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Sidoarjo Ridho Prasetyo, S.STP. M.AP. dalam laporannya menyampaikan jika kegiatan ini  secara rutin dilakukan sebagai wujud terima kasih kepada PNS yang telah memasuki masa purna tugas yang selama ini telah mengabdi pada Pemkab Sidoarjo.

Selain itu pada kesempatan ini pula akan diserahkan secara simbolis SK Pensiun, Piagam Purna Tugas, Tali Asih dan Tabungan Hari Tua yang  diserahkan secara simbolis oleh Wakil Bupati Sidoarjo H. Subandi.

Branch Manager PT. TASPEN Surabaya Kasija, SE. menyampaikan bahwa penyampaian SKPP untuk Kabupaten Sidoarjo sudah melalui metode digitalisasi sehingga dapat segera dilakukan proses pengambilan data secara geometrik yaitu dengan mengambil sample wajah, sidik jari dan suara.

Dimana dengan penerapan metode ini sudah  90% dari jumlah data yang masuk, selain itu seperti memberi angin segar kepada para PNS yang telah memasuki masa purna tugas ini dimana akan ada pendampingan dalam berwirausaha.

“Kami meminta kerja sama pemerintah dengan PT. Taspen serta mitra perbankan untuk mendorong ASN dan memberikan pendampingan atau pembekalan tentang wirausaha. Selain itu kepada peserta taspen akan diberikan kemudahan dalam berbelanja di bulog, juga adanya kemudahan dan discount khusus apabila ingin naik haji atau umroh hanya dengan menunjukkan kartu taspen yang ada,” jelasnya.

Wakil Bupati Sidoarjo H. Subandi SH menyampaikan bahwa akhir perjalanan karir PNS diantaranya dibatasi oleh usia pensiun. Dimana saat memasuki usia pensiun, maka tugas-tugas birokrasi  telah berakhir.

Namun hendaknya, masa pensiun itu tidak menjadi batasan pengabdian bagi para purna tugas untuk masyarakat, bangsa dan negara.

Kebahagiaan seorang pegawai adalah ketika mereka berhasil memasuki masa purnatugas (pensiun) dalam keadaan sehat wal afiat. Tapi masa pensiun bukan akhir dari aktivitas dan kreatifitas. Semangat dan optimisme setelah pensiun harus tetap dipupuk untuk bisa memberikan kontribusi nyata yang diperlukan dalam kehidupan bermasyarakat.

Pelepasan PNS yang akan memasuki masa purnatugas ini, merupakan bentuk perwujudan pengakuan dan apresiasi Pemkab Sidoarjo atas jasa-jasa yang bermanfaat bagi kemajuan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Sidoarjo. Momen ini hendaknya mampu memberikan motivasi bagi para pensiunan.

“Kepada bapak dan ibu yang akan memasuki masa purna tugas, kami mengucapkan terima kasih atas kerja sama yang baik dan pengabdian yang diberikan sehingga Kabupaten Sidoarjo menjadi seperti sekarang ini. Juga kami mohon doa restu agar dapat menjalankan pemerintahan sesuai dengan visi dan misi kami untuk kemajuan Kabupaten Sidoarjo, serta disamping itu kami juga sangat mendukung program PT. Taspen yang akan memberikan membekalan kepada  PNS yang telah memasuki masa purna tugas  agar siap dan lebih produktif dalam menjalani masa pensiun agar tetap berpartisipasi aktif sehingga terwujud kondisi masyarakat yang dinamis dan kreatif,” jelasnya. (isa/kun)

 

 

 



Apa Reaksi Anda?

Komentar