Politik Pemerintahan

16 Pot Bunga di Atas Trotoar Jalan Kota Bojonegoro Dirusak Orang

Bojonegoro (beritajatim.com) – Pot bunga yang digunakan untuk mempercantik jalan kota Bojonegoro dihancurkan orang tak dikenal. Sedikitnya, ada 16 pot bunga di Jalan Diponegoro dan Jalan Trunojoyo yang rusak.

Menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bojonegoro Hanafi, pelaku merusak pot bunga dan tanaman yang digunakan untuk memperindah dan penghijauan kota itu terjadi kemarin malam. “Pot yang rusak ada 16, paling banyak di Jalan Diponegoro,” ujar Hanafi, Kamis (16/7/2020).

Saat ini pot yang rusak sedang dibersihkan oleh tim kebersihan dari DLH Bojonegoro. Sedangkan pot yang masih tersisa ditata ulang untuk menyesuaikan jaraknya agar tetap telihat rapi. “Kalau untuk penggantian pot yang rusak belum ada,” jelasnya.

Sementara Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Pemkab Bojongoro Arif Nanang mengatakan, pelaku pengerusakan pot bunga di atas trotoar sepanjang jalan kota itu sudah diamankan. Pelaku seorang perempuan berusia sekitar paruh baya.

“Diduga pelaku ini orang dengan gangguan jiwa (ODGJ). Sehingga setelah berhasil kita amankan langsung diserahkan ke RSUD untuk mendapat perawatan,” jelasnya.

Penangkapan terhadap pelaku dilakukan setelah petugas Satpol PP yang bertugas di pos penjagaan kompleks Pemkab Bojonegoro mendapat laporan dari masyarakat, sekitar pukul 23.30 WIB, kemarin. Kemudian petugas melakukan patroli. “Sekitar pukul 02.00 WIB, kemudian petugas berhasil menamankan pelaku dan langsung dibawa ke RSUD untuk mendapat perawatan,” pungkasnya.

Sekadar diketahui, pengadaan pot bunga dan tanaman di trotoar untuk keindahan kota itu dilakukan akhir tahun 2019. Sesuai dengan data dari laman LPSE Kabupaten Bojonegoro, pengadaan pot bunga dan tanaman itu dengan pagu anggaran sebesar Rp 270 juta.

Setelah melalui tender, proyek pengadaan barang dan jasa itu dimenangkan oleh CV Langgeng asal Jalan Letda Suraji gang Alwahab Kabupaten Bojonegoro dengan nilai kontrak sebesar Rp190 juta. [lus/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar