Politik Pemerintahan

15 Ribu Kalender PDAM Jember Tampilkan Foto Caleg Nasdem

Jember (beritajatim.com) – Abdul Rohim, calon legislator DPR RI dari Partai Nasional Demokrat, tampil di kalender yang diterbitkan Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Jember, Jawa Timur. Fotonya tampil bersama Bupati Faida yang juga istrinya.

Foto Rohim tercetak dalam 15 ribu eksemplar kalender PDAM Jember. PDAM Jember mencetak dua jenis kalender yakni kalender model satu lembar sebanyak 10 ribu eksemplar dan model enam lembar sebanyak lima ribu eksemplar.

Tampilnya Rohim di kalender itu dilaporkan ke Badan Pengawas Pemilu Jember oleh Sudarsono, salah satu aktivis Indonesia Bureaucracy Watch. Namun Direktur PDAM Jember Adi Setiawan punya alasan menerbitkan foto Rohim dalam kalender tersebut.

“Saya mengenal Dokter Rohim tidak sebagai caleg. Saya kira tidak jadi calon. Foto itu saya peroleh saat kegiatan PDAM bersama Hazora (air mineral dalam kemasan produksi PDAM Jember),” kata Adi, Selasa (15/1/2019).

Adi menyebut Rohim sangat mendukung eksistensi Hazora. “Beliau memesan 17 ribu boks Hazora untuk kegiatan-kegiatan beliau. Saya tidak tahu apa itu dalam rangka legislatif atau kegiatan sosial beliau. Yang saya tahu sering mendapati beliau membeli Hazora untuk Rumah Sakit Bina Sehat dan kegiatan-kegiatan sosial sebagai pengajar di Universitas Jember,” katanya.

Jumlah 17 ribu kotak Hazora itu setara dengan 82 liter air mineral. “Beliau memesan selama 2017 dan 2018 sebelum menjadi caleg. Itu harganya sekitar Rp 175 juta sekian. Sekarang beliau memesan branding-nya beliau, tetapi kami hanya menyewakan alat dan jual air curahnya. Kemasan botol, penutup, desainnya semua dari beliau. Kami hanya suplai airnya dan sewa mesin pencetaknya. Tak ada logo Hazora untuk yang branding,” kata Adi.

Adi membantah jika kalender itu mencitrakan Rohim. Apalagi dalam kalender itu juga ada foto Bupati Faida dan Wakil Bupati Abdul Muqit Arief. “Sebagai manajemen, saya diuntungkan para tokoh minum Hazora. Kalau tokohnya saja minum, masa masyarakatnya tidak. Yang dipercontohkan para tokoh itu adalah ‘Minum Hazora Membangun Jember’,” katanya. [wir/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar