Politik Pemerintahan

144 Jabatan di Pemkab Jember Belum Terisi

Bupati Hendy Siswanto (kiri) dan Wakil Bupati Muhammad Balya Firjaun Barlaman

Jember (beritajatim.com) – Ratusan jabatan eselon II, III, dan IV di tubuh Pemerintah Kabupaten Jember, Jawa Timur, masih belum terisi dan tengah diproses. Pemkab Jember saat ini tengah membuka lelang terbuka untuk jabatan pimpinan tinggi pratama atau setara eselon II.

Saat masih awal menjabat menggantikan Faida, Bupati Hendy Siswanto hanya memiliki 496 jabatan eselon II, III dan IV di tubuh birokrasi. Kini dari total 983 jabatan, 839 jabatan sudah terisi dan masih tersisa 144 jabatan.

“Alhamdulillah, kondisi saat ini dari 38 formasi jabatan Eselon II, sudah terisi 53 persen atau 20 jabatan, dari 221 formasi jabatan Eselon III sudah terisi sebanyak 93 persen atau 207 jabatan. Dan untuk 724 formasi jabatan esselon IV sudah terisi sebanya 85 persen atau 612 jabatan,” kata Bupati Hendy Siswanto, dalam sidang paripurna Perubahan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah 2021, di gedung DPRD Jember, Senin (11/10/2021).

Saat ini, Pemerintah Kabupaten jember membika pendaftaran lelang jabatan terbuka pada 4-10 Oktober 2021. “Tujuannya untuk memilih aparatur yang memiliki kapasitas, kompetensi dan integritas yang memadai untuk mengisi posisi atau jabatan yang kosong,” kata Hendy.

Hendy meminta semua pejabat mengikuti lelang jabatan terbuka. “Saya suruh ikut semua, kenapa takut? Sudah diumumkan. Aku jadi bingung ini. Kalau memaksakan tidak bagus juga. Open biding kan kan bagian dari keterbukaan profesional. Tapi walau profesional juga harus loyal. Open biding ini terbuka untuk siapapun juga,” katanya.

Menurut Hendy, seluruh aparatur sipil negara tidak perlu takut kepada pimpinan. “Kami sangat terbuka sekali, tidak ada titip-titipan,” katanya. [wir/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar