Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

138 Calon Berlaga di Pilkades Serentak Lamongan, Terbanyak dari 2 Desa Ini

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Lamongan, Moh. Zamroni.

Lamongan (beritajatim.com) – Sebanyak 138 Calon Kepala Desa (Cakades) dari 61 desa di 24 Kecamatan se-Lamongan bakal bertarung pada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak yang akan digelar tanggal 26 Juni 2022.

Dari jumlah tersebut, ada dua desa yang memiliki Cakades terbanyak, yakni Desa Sugihwaras dan Desa Padenganploso. Terdapat 4 Calon yang bersaing ketat memperebutkan jabatan Kepala Desa di dua desa itu.

“Jumlah calon terbanyak ini ada di Desa Sugihwaras ada 4 orang, terus juga Desa Padengan Ploso juga ada 4 calon kepala desa,” ujar Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Lamongan, Moh. Zamroni, kepada beritajatim, Kamis (23/6/2022).

Sedangkan untuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Pilkades serentak ini, Zamroni menyebut, ada sebanyak 135.236 pemilih yang bakal menggunakan hak suaranya di 332 TPS, yang tersebar di 61 desa tersebut.

“Jumlah DPT mencapai 135.236. Desa yang paling banyak DPT-nya adalah Desa Paciran, dengan 11.757 pemilih. Sedangkan untuk yang paling sedikit itu ada di Desa Gambuhan, Kecamatan Kalitengah, yang DPT-nya hanya berjumlah 623 pemilih,” sebutnya.

Lebih lanjut, Zamroni juga mengungkapkan, dari total 138 Cakades di 61 desa yang akan berlaga ini, terdapat 16 desa yang calon kadesnya masih memiliki hubungan kekerabatan.

“Hubungan kekerabatan ini seperti suami istri, orang tua dengan anak, dan paman dengan keponakan. Adanya calon yang masih kerabat dekat ini biasanya untuk mengantisipasi munculnya calon tunggal,” ungkapnya.

Masih kata Zamroni, Pilkades serentak saat ini telah memasuki tahap masa kampanye, yakni mulai tanggal 20 Juni sampai dengan 23 Juni 2022. Sedangkan untuk masa tenang, dijadwalkan pada tanggal 24 Juni sampai dengan 25 Juni 2022.

Oleh karenanya, Zamroni mengimbau kepada para panitia untuk tetap menjaga kesehatannya, mengingat Pilkades serentak 2022 ini pun diperkirakan akan berlangsung cukup lama, berakhir hingga larut malam.

Tak hanya itu, Ia juga menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Lamongan terus melakukan koordinasi dengan berbagai stakeholder pengamanan. Sehingga diharapkan Pilkades pada 26 Juni mendatang dapat berjalan dengan lancar, aman dan damai.

“Kita terus melakukan koordinasi dan kolaborasi dengan para stakeholder, baik dari TNI-Polri, semua jajaran di tingkat kecamatan, termasuk Linmas yang ada di wilayah masing-masing desa. Semoga Pilkades serentak bisa kondusif, lancar, dan berlangsung damai,” pungkasnya. [riq/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar