Politik Pemerintahan

13 Kepala OPD Belajar Sistem Tanam Jajar Legowo di Gresik

Gresik (beritajatim.com) – Sebanyak 13 kepala organisasi perangkat daerah (OPD) se-Indonesia datang ke Gresik hanya demi belajar sistem tanam jajar legowo

Rombongan kepala OPD yang dipimpin Kabid Pengembangan Kompetensi Manajerial dan Fungsional Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Pemprov Kalimantan Selatan, Heldy.

Kedatangan kepala OPD itu, diterima oleh Bupati Gresik Sambari Halim Radianto, dan Wakil Bupati Mohammad Qosim dan Sekda Gresik Andhy Hendro Wijaya di Ruang Graita Eka Praja, Kamis (26/9/2019).

Dalam keterangannya, Heldy menyatakan bahwa dipilihnya Gresik untuk orientasi lapangan (OL) para peserta Diklatpim Nasional II atas petunjuk dari Lembaga Administrasi Negara (LAN).

“Sebaiknya ke Kabupaten Gresik aja, karena sistem penanaman padi jajar legowo sudah pernah meraih penghargaan nasional Innovative Government Award 2017. Selain itu, kami dari Kalimantan Selatan dulu pernah membawa peserta OL yang lain yang sukses. Para peserta banyak yang mengaplikasikan hasil OL dari Gresik dan hasilnya bagus,” tandasnya.

Peserta Diklatpimnas II yang datang ke Gresik yaitu dua pejabat asal Provinsi Kalimantan Selatan, dua orang dari Kota Banjarbaru, tiga orang pejabat dari Provinsi Kalimantan Tengah, serta dari Kabupaten Banjar, dari Kabupaten Hulu Sungai Tengah, dari Kabupaten Tanahbumbu, dari Kabupaten Barito Kuala, dari Kabupaten Tanahlaut dan Kabupaten Mimika (Papua) masing-masing 1 orang.

Sesuai arahan dari Dinas Pertanian tentang lokus tempat Peserta Diklatpimnas II ini akan melakukan OL, yaitu di areal pertanian di beberapa desa di Kecamatan Dukun khususnya di desa Sambugunung Dukun.

“Sebaiknya juga mengunjungi Bendung Gerak Sembayat, kebetulan tempatnya searah dengan tujuan. Selain itu, juga harus berkunjung ke Taman Teknologi Pertanian (TPP). Disana juga ada Lumbung air seperti Waduk Sukodono yang letaknya masih dalam satu komplek,” terang Sambari.

Bendung Gerak Sembayat (BGS), dan Taman Teknologi Pertanian tersebut merupakan satu kesatuan pembangunan megaproyek pertanian yang ada di Gresik. [dny/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar