Politik Pemerintahan

12 Warga di Lapas Jember Terkena Covid-19

Hendy Siswanto Bupati jember

Jember (beritajatim.com) – Sebanyak 12 orang warga di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Kabupaten Jember, Jawa Timur, dinyatakan positif Covid-19, setelah menjalani tes swab pada 20-21 April 2021.

“Itu kalau tidak salah (warga) kiriman, bukan orang Jember (yang menularkan). Masuk lapas, ketularan semua. Ini persoalan buat kita,” kata Bupati dan Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Jember Hendy Siswanto, Minggu (25/4/2021) malam.

Hendy mengingatkan kepada masyarakat agar tetap waspada dalam menghadapi Covid-19. “Kita tidak bisa lengah, karena kita tidak tahu di mana Covid. Kami gugus tugas melakukan tracing terhadap warga mereka (lapas),” katanya.

Dinas Komunikasi dan Informatika melansir keterangan, bahwa swab dilakukan terhadap 36 orang warga binaan dan petugas lapas yang memiliki kontak erat dengan penderita. “Saat ini WBP (Warga Binaan Pemasyarakatan) yang hasil swabnya positif telah dipindahkan ke ruang isolasi khusus,” kata Pelaksana Tugas Kepala Dinkominfo Jember Habib Salim dalam keterangan persnya.

Kamar khusus penghuni yang positif ini sudah memiliki kamar mandi di dalam. Petugas kesehatan lapas juga menyediakan masker dan sabun cuci tangan, selain setiap narapidana juga sudah memilikinya. Petugas juga melakukan penyemprotan disinfektan dan memberikan tambahan vitamin. “Demi memutus rantai penularan, maka Lapas Jember meniadakan kunjungan selama dua pekan,” kata Habib. [wir/ted]


Apa Reaksi Anda?

Komentar