Politik Pemerintahan

11 Partai di Jember Bentuk Koalisi Rakyat Dukung Satu Cabup Non Petahana

Jember (beritajatim.com) – Pimpinan sebelas partai politik di Kabupaten Jember, Jawa Timur sepakat  bersinergi mendukung satu calon bupati dan wakil bupati dalam pemilihan kepala daerah tahun ini.

Sebelas partai itu adalah PKB, Nasdem, PDI Perjuangan, Gerindra, PKS, PPP, PAN, Demokrat, Golkar, Perindo, dan Berkarya. Mereka semua memiliki kursi perwakilan di DPRD Jember.

“Pimpinan partai sudah sepakat kami harus mengesampingkan ego partai dan mengedepankan kepentingan masyarakat. Jika memang untuk mewujudkan Jember yang lebih baik kami harus membentuk koalisi besar dalam rangka tidak terlalu banyak calon, maka itu yang akan kami lakukan,”  kata Ketua DPC Partai Persatuan Pembangunan Jember Madini Farouq, Senin (2/3/2020).

Namun, lanjut Madini, semua tergantung proses pendaftaran calon independen. “Apakah calon independen ini lolos atau tidak, baru kami akan sampai pada tahapan mewujudkan satu koalisi besar. Koalisi besar itu koalisi besar rakyat Jember tentunya,” katanya.

Menurut Madini, DPRD Jember adalah representasi rakyat. Langkah politik yang diambil parlemen juga mewakili kepentingan rakyat Jember.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Keadilan Sejahtera Jember Ahmad Rusdan mengatakan, kota itu membutuhkan perubahan. “Tahun 2020 ganti bupati,” katanya.

“Kalau nanti head to head (berhadapan dengan kandidat bupati petahana), semua partai sepakat satu calon. Siapanya (calon bupati yang didukung) nanti akan kami bicarakan,” kata Rusdan.

Bagaimana dengan persetujuan dewan pimpinan pusat partai (DPP)? “DPP sebagian besar juga tergantung apa kata DPC (Dewan Pimpinan Cabang) atau DPD (Dewan Pimpinan Daerah). Semua partai pasti akan mendengar suara dari bawah dan DPP sudah saling berkomunikasi,” kata Rusdan. (wir/ted)





Apa Reaksi Anda?

Komentar