Politik Pemerintahan

100 Orang di Trenggalek Dilatih Berwirausaha

Trenggalek (beritajatim.com) – Berkomitmen mewujudkan janji kampanye, pemerintahan Bupati Arifin dan Wakilnya Syah Natanegara di Trenggalek terus dorong tumbuhnya wirausaha perempuan baru dengan menggelar pelatihan berwira usaha.

Tidak tanggung tanggung sebanyak 5.000 pengusaha baru ditargetkan selama periode keduanya menjabat di Trenggalek.

Menggandeng PT. Perempuan Hebat Indonesia, sebanyak 100 orang dengan mayoritas kepesertaan perempuan, dilatih dan dibekali dengan kemampuan berwirausaha.

Harapannya mereka bisa mengembangkan usahanya sendiri. Bahkan diharapkan mampu menciptakan dan mampu menyerap tenaga kerja di sektor usahanya. Sudah tercapai 6 gelombang pelatihan selama kurun waktu hingga bulan Juni 2021. Sedangkan pada Senin (7/6/2021) giliran 100 calon wirausahawan disektor pertanian yang dilatih dan dibekali pelatihan berwir usaha.

Wakil Bupati Trenggalek, Syah Muhamad Natanegara, usai membuka kegiatan ini menuturkan, “ini menjadi salah satu janji kampanye kita untuk menumbuhkan 5.000 pengusaha baru. Semoga ini berjalan lancar, sukses, sesuai dengan harapan kita,” tutur wakil bupati muda ini, di Gedung Bawarasa Trenggalek.

Pelatihan ini mulai dari sektor perdagangan, pertanian, peternakan, perikanan dan yang lainnya. “Intinya sesai dengan bakat dan minat yang dimiliki,” lanjut mantan aktivis kepemudaan ini.

Sektor usaha mikro yang dipilih oleh Pemkab Trenggalek, menyampaikan alasannya, Wabub Syah mejelaskan, “karena sudah terbukti, sektor ini yang bisa bertahan di tengah pandemi daripada sektor sektor yang lain. Selain utu ini sektor yang riil, manfaatnya benar-benar bisa dirasakan langsung oleh masyarakat,” tandasnya.

Kadispertapan Kabupaten Trenggalek, Ir. Didik Susanto, menambahkan dalam Bootcamp Perempuan Hebat, Trenggalek Meroket ini, ada sebanyak kurang lebih 178 wirausahawan disektor pertanian yang diajukan. Sedangkan pada tahapan ininterseleksi 100 orang.

Diharapkan olehnya seperti harapan pemerintah para peserta pelatihan ini mampu membangun usahanya sendiri usai mendapatkan pelatihan ini. Sekaligus juga menciptakan lapangan pekerjaan sehingga dapat mengurangi angka pengangguran baru. Dengan begitu diharapkan ekonomi mampu kembali pulih karena sektor riil perekonomian masyatakat tumbuh bergerak. [nm/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar