Politik Pemerintahan

10 Finalis Lomba Baca Berita PWI Gresik Diajak Sharing Gagasan dengan Anggota DPRD

Sharim Dezhneva Denalis salah satu finalis lomba membaca berita yang diselenggarakan PWI Gresik (kanan) saat sharing dengan Ketua DPRD Gresik Abdul Qodir (kedua dari kanan)

Gresik (beritajatim.com) – Sebanyak sepuluh finalis pelajar SMP hingga SMA yang mengikuti lomba membaca berita yang diselenggarakan PWI Kabupaten Gresik diajak blusukan ke kantor DPRD. Di gedung perwakilan rakyat itu, mereka diajak untuk melihat aktivitas para anggota dewan di masing-masing fraksi serta sharing gagasan.

Para pelajar SMP dan SMA tersebut terlihat antusias saat berjumpa dengan Lilik Hidayati anggota dewan asal F-PPP itu. Lilik sendiri merupakan salah satu perempuan yang menjadi anggota legislatif periode 2019-2024.

Salah satu finalis, Sharim Dezheneva Denalis (15) siswi SMP Negeri 1 Gresik terinspirasi ingin mengikuti jejak perempuan menjadi anggota dewan.

“Apa sih resepnya supaya bisa menjadi anggota dewan. Khususnya dari golongan perempuan,” ujar Sharim kepada Lilik Hidayati.

Mendapat jawaban itu, Lilik menjelaskan modal sosial menjadi hal yang paling penting. Selain itu, berbuat baik dan berpikir positif kepada siapapun. Sikap itu wajib dimiliki agar bisa mewakili berbagai aspirasi masyarakat untuk dituangkan dalam kerja-kerja legislatif.

“Menjadi anggota dewan juga wajib memiliki kemampuan intelektual yang mumpuni supaya bisa melaksanakan tugas, dan fungsi anggota dewan dengan baik dan penuh amanah,” ujarnya, Rabu (3/03/2021).

Selain diajak berkeliling ke fraksi-fraksi parpol yang terpilih, sepuluh finalis lomba membaca berita yang masih dalam rangkaian memperingati Hari Pers Nasional (HPN) 2021, juga berkesempatan sharing dengan Ketua DPRD Gresik, Abdul Qodir.

Di hadapan Ketua DPRD tersebut, finalis itu juga diberi kesempatan menyampaikan gagasannya terhadap dewan. Baik itu, persoalan pendidikan selama pandemi Covid-19, aspirasi masyarakat serta permasalahan kasus bullying yang menimpa pelajar.

Menanggapi hal itu, Ketua DPRD Abdul Qodir menyatakan semua permasalahan tersebut sebagian besar sudah masuk ke tiap-tiap komisi yang menangani.

“Kalau komisi pendidikan dan aspirasi masyarakat serta bullying anak-anak. Komisi IV yang membidangi Kemasyarakatan biasanya menangani persoalan itu. Selanjutnya, ada rapat hearing yang membahasnya,” ungkapnya.

Terkait dengan kegiatan ini, Ketua PWI Kabupaten Gresik, Sholahuddin menyatakan kegiatan ini masih dalam rangkaian memperingati HPN 2021. Dari semua kegiatan yang digelar salah satunya adalah lomba membaca berita tingkat pelajar SMP hingga SMA se-Kabupaten Gresik.

“Sepuluh finalis yang terpilih diberi kesempatan diajak blusukan ke DPRD Gresik. Supaya tahu fungsi dan tugas legislasi mengawasi pemanfaatan anggaran,” pungkasnya. [dny/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar