Politik Pemerintahan

1.321 Calon Jemaah Haji Kabupaten Kediri Batal Berangkat

Paolo Jose Xemenes, Humas Kemenag Kabupaten Kediri

Kediri (beritajatim.com) – Kementerian Agama Kabupaten Kediri memastikan pembatalan keberangkatan haji tahun ini, sebagaimana rilis keputusan Kementerian Agama Republik Indonesia Nomor 660 Tahun 2021. Menag Yaqut Cholil Qoumas menyatakan, pemerintah tidak memberangkatan Jemaah Haji Indonesia 1442 hijriyah, karena alasan pandemi Covid-19 yang melanda dunia.

Terkait keputusan tersebut, Kemenag Kabupaten Kediri meminta calon jemaah yang batal berangkat tetap berbesar hati dan menerima keputusan pemerintah dengan pikiran positif. Sebab, apa yang dipikirkan dan keputusan yang diambil oleh pemerintah semata-mata untuk kebaikan dan kesehatan calon jemaah.

Paolo Jose Xemenes, Humas Kemenag Kabupaten Kediri mengatakan seluruh calon jemaah asal Kabupaten Kediri, sejumlah 1.321 orang sebenarnya telah siap untuk berangkat ke tanah suci.

Tahapan persiapan sudah ditempuh calon jemaah, termasuk pelunasan biaya haji dan pasport. Selain akan membuat edaran keputusan pembatalan haji, Kemanag juga mempersilahkan bagi calon jemaah yang mengambil kembali uang pelunasan.

‘Kementerian Agama Kabupaten Kediri mengikuti dan memauhi keputusan pemerintah, Kementerian Agama Pusat. Dengan adanya keputusan tersebut, calon jamaah haji Kabupaten kediri juga otomatis batal berangkat,” katanya.

“Kementerian Agama Kabupaten Kediri menyampaikan kepada calon jamaah haji yang batak brangkat supaya berbesar hati dan menerima keputusan pemerintah untuk berfikir positif, karena yang dipikirkan pemerintah semata mata untuk kebaikan jamaah dan kesehatan,” imbuhnya.

Meskipun pemberangkatan haji tahun ini batal, tetapi Kemenag Kabupaten Kediri tetap melayani pendaftaran haji seperti biasanya. Namun, karena badai Covid-19 masih berkelanjutan, Kemenag membatasi jumlah pendaftar setiap hari antara 5 hingga 10 orang. Meskipun demikian, animo masyarakat yang datang untuk mendaftar tidak pernah berkurang.

“Bapak kepala kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri menyampaikan, supaya tetap semangat tetap tekun dalam doa supaya pandemi ini segera berlalu. Sehingga, tahun depan insya Allah 2022 jamaah haji yang tertunda bisa berangkat,” pintanya. [nm/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar