Peristiwa

Antisipasi Penyebaran Corona

Zona Merah Covid-19 Jadi Sasaran Penyemprotan di Pamekasan

Pamekasan (beritajatim.com) – Tim Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Pamekasan, melaksanakan penyemprotan cairan disinfektan di salah satu titik merah penyebaran wabah virus corona di Kabupaten Pamekasan, Jumat (17/4/2020).

Proses penyemprotan yang melibatkan instansi lintas sektoral yang tergabung dalam Satgas Penanganan Covid-19 Pamekasan, dipusatkan di wilayah kecamatan Proppo. Salah satu titik merah penyebaran wabah virus corona, selain di kecamatan Galis, Larangan dan Pademawu.

“Giat pelaksanaan penyemprotan cairan disinfektan lintas sektoral kali ini, dipusatkan di tiga desa berbeda di kecamatan Proppo. Masing-masing Desa Panglemah, Pangorayan dan Pangtonggal,” kata anggota Satgas Penanganan Covid-19 Pamekasan, Akmalul Firdaus.

Dalam momentum tersebut, tampak hadir sejumlah jajaran petinggi Tim Satgas Penanganan Covid-19 Pamekasan. Di antaranya Kapolres AKBP Djoko Lestari, Dandim 0826 Letkol Inf M Effendi, petugas BPBD, Damkar, PMI Pamekasan, serta beserta jajaran instansi sektoral lainnya.

Selain itu juga tampak Tim Satgas Covid-19 Kecamatan Proppo, Pemerintah Kecamatan Proppo, Aparatur Desa, Koramil dan Polsek Proppo, serta sejumlah relawan maupun masyarakat desa Proppo. “Giat ini sebagai langkah antisipatif, sekaligus pencegahan wabah virus corona,” ungkapnya.

“Dari itu kami mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama dan selalu mengindahkan imbauan dari pemerintah, baik dari pemerintah pusat, provinsi hingga daerah khususnya dalam mengantisipasi dan mencegah penyebaran wabah virus corona. Salah satunya dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat, serta selalu menggunakan masker dan menjaga jarak,” pungkasnya.

Berdasar update terakhir peta sebaran Covid-19 Pamekasan, terdata sebanyak lima orang di Pamekasan dinyatakan positif terinfeksi wabah virus corona. Dari lima orang tersebut, keempatnya tengah menjalani perawatan intensif di RSUD dr Slamet Martodirdjo Pamekasan, sementara satu pasien lainnya meninggal dunia, beberapa waktu lalu.

Sementara peta sebaran sebaran wabah Covid-19 Pamekasan, terdata empat dari total 13 kecamatan berbeda di Pamekasan masuk status merah penyebaran wabah virus corona. Empat kecamatan tersebut yakni Kecamatan Galis, Larangan, Pademawu dan Proppo.

Sedangkan total Orang Dalam Resiko (ODR) di Pamekasan, terdata sebanyak 3.049 orang, serta sebanyak 94 orang yang terdata dalam status Orang Dalam Pantauan (ODP), Pasien Dalam Pengawasan (PDP) tetap terdata sebanyak dua orang dengan status keduanya negatif Covid-19. [pin/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar