Peristiwa

Berbagi Kebahagiaan Imlek

Yayasan Budha Tzu Chi Bantu Masyarakat Terdampak Covid-19 Lamongan

Lamongan (beritajatim.com) – Pemerintah Kabupaten Lamongan menerima paket bantuan sosial dari Yayasan Budha Tzu Chi. Paket bantuan tersebut lalu diserahkan kepada masyarakat terdampak Covid-19 di Kabupaten Lamongan yang terdiri dari 27 kecamatan.

Yayasan Budha Tzu Chi adalah sebuah organisasi Nirlaba yang didirikan pada tahun 1966, bergerak di bidang sosial, kesehatan, pendidikan dan budaya humanis. Diketahui, bantuan yang disalurkan tersebut terdiri dari 30 ribu paket beras dan 60 ribu lembar masker medis. Yang mana tiap kepala keluarga akan menerima masing-masing 10 kg beras dan 20 masker, yang selanjutnya didistribusikan oleh Babinsa dan Babinkamtibnas.

Penyerahan bantuan beras dan masker tersebut berlangsung pada Apel Pendistribusian Bantuan Sosial Budha Tzu Chi di Alun-alun Lamongan, Sabtu (19/6/2021) yang dihadiri oleh Bupati Lamongan, Jajaran Kodim 0812, Jajaran Polres Lamongan, serta Ketua Yayasan Budha Tzu Chi Surabaya, Irwan Kontoh.

Bantuan sosial ini merupakan wujud kepedulian pada sesama sekaligus wujud kebahagiaan dalam perayaan Imlek. “Kami sangat bersyukur bisa bersama pada pagi hari ini untuk berbagi kebahagiaan Imlek. Dalam memberikan perhatian, tidak dapat dihalangi oleh perbedaan. Beras 10 kg ini akan habis, namun kami berharap kasih sayang antar sesama ini bisa berlangsung sepanjang masa,” ungkap Amin Tanjung, selaku perwakilan Yayasan Budha Tzu Chi.

Dalam bantuan tersebut, Bupati Lamongan Yuhronur Efendi mengungkapkan apresiasinya atas kerjasama yang dilakukan oleh berbagai pihak. Ia berharap agar bantuan dari Yayasan Budha Tzu Chi ini benar-benar bermanfaat bagi masyarakat Lamongan.

“Terima kasih kepada Yayasan Budha Tzu Chi yang telah menyalurkan bantuan ini. Mudah-mudahan bantuan ini memberikan manfaat besar bagi masyarakat. terima kasih juga pada semua pihak, Jajaran Kodim dan Polres yang dengan sigap menangani kluster yang timbul di Lamongan. Sehingga dapat tertangani dengan baik,” terang Bupati YES, panggilan akrabnya.

Beberapa waktu lalu, di Lamongan timbul klaster baru di Sidodowo, Kecamatan Modo yang membuat penyebaran Covid-19 meningkat hingga muncul kematian akibat virus tersebut. Untuk itu, Bupati YES mengimbau agar masyarakat tidak lengah dalam penerapan protokol kesehatan (prokes).

“Klaster kemarin merupakan pengingat bagi kita semua, menjadi pembelajaran kita semuanya bahwa Covid-19 ini masih ada. Untuk itu perlunya kewaspadaan supaya kita dapat menekan angka kematian dalam penyebaran Covid-19 di Lamongan,” imbau YES.

Secara simbolis, bantuan diserahkan kepada perwakilan Kepala Desa se-Kabupaten Lamongan, tokoh agama, dan tokoh masyarakat. Lebih jauh, paket bantuan sosial dari Yayasan Budha Tzu Chi juga akan disalurkan di 6 provinsi di wilayah Jawa dengan total 1 juta paket beras dan masker. Penyaluran dilaksanakan pada bulan Maret sampai Juni 2021.

Selain memberangkatkan secara simbolis, Bupati Lamongan bersama Kapolres dan Dandim 0812 Lamongan juga turun langsung meninjau salah satu warga yang mendapat bantuan Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) serta menyalurkan bansos secara langsung di Kelurahan Tumenggungan dan Kelurahan Sukomulyo. [riq/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar