Peristiwa

Waspadai Bencana, Ini yang Dilakukan Polda Jatim

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko

Surabaya (beritajatim.com) – Turunnya hujan deras disertai angin yang baru-baru ini melanda sejumlah daerah termasuk Jawa Timur membuat semua pihak waspada. Polda Jatim sendiri sudah melakukan langkah antisipasi dengan mendirikan sejumlah posko siaga bencana.

Selain itu, Polda Jatim juga mengeluarkan imbauan pada masyarakat terkait kemungkinan terjadi bencana di sekitar. Hal itu disampaikan Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko, Senin (6/1/2020).

Menurut Trunoyudo, kesiapsiagaan Polda Jatim dan jajarannya perlu juga dilakukan koordinasi dan kerjasama dengan berbagai stakeholders baik Pemerintah Daerah dan TNI maupun BPBD dan SAR serta seluruh elemen tokoh masyarakat. Itu untuk memberikan edukasi dan imbauan guna mengantisipasi dan tindakan-tindakan awal dalam penanggulangan bencana.

Selain itu, lanjut Trunoyudo, harus dilakukan gelar kesiapan perlengkapan serta personel yang berkompetensi pada penanggulangan bencana alam seperti personel Brimob, Sabhara, Polairud, Dokkes dan seluruh jajaran Polres di wilayah Polda Jatim.

“Namun Polda Jatim dan jajarannya sifatnya preemtif dan antisipasi atau pencegahan yang mana langkah ini lebih baik dari pada menanggulangi. Kita semua berharap tidak terjadi bencana alam apapun di wilayah Jawa Timur,” ujar Trunoyudo, Senin (6/1/2020).

Trunoyudo menambahkan, hal ini juga sering disampaikan Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan sebelum Operasi Lilin 2019. Di antaranya dalam perkiraan keadaan intelijen adanya potensi bencana alam serta merupakan fungsi deteksi sejak dini untuk antisipasi bencana. [uci/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar