Peristiwa

Waspada! Inilah Tiga Tikungan Maut di Jalan Tembus Magetan

Bus pariwisata menabrak tebing di tikungan Jalan Tembus Magetan, Minggu (12/9/2021)

Magetan (beritajatim.com) – Bus pariwisata W 7152 UP menabrak tebing di salah satu tikungan Jalan Tembus Magetan, Minggu (12/9/2021) pukul 16.00 WIB. Setidaknya lima dari 45 orang terluka. Evakuasi bus rombongan wisata itu memakan waktu lebih dari tiga jam. Bagian depan bus hancur menghantam tebing di tikungan Storberi.

Kanitlantas Polsek Plaosan Ipda Akhmad mengungkapkan, kecelakaan itu diduga akibat gangguan rem. Namun demikian, dia tak menampik bahwa lokasi itu kerap membuat celaka beberapa pengguna jalan yang melalui jalur tersebut.

Ahkmad mengingatkan bahwa sepanjang jalur jalan tembus patut diwaspadai. Namun, pihaknya memetakan ada tiga lokasi yang sangat rawan:

1. Tikungan Stroberi
Tikungan Stroberi ini terletak di atas kebun stroberi di kelurahan Plaosan, Magetan. Jalannya cukup menikung. Terhitung ada dua kali kecelakaan bus. Bahkan pada tahun 2018 sempat menewaskan satu orang kernet bus. Dia meninggal akibat terjepit badan bus. Kecelakaan terjadi karena sopir tak hapal medan.

2. Tikungan Taman Sarangan
Meski sudah berpengaman berupa roller barrier, tikungan Taman Sarangan masih perlu diwaspadai. Jalan yang menurun dari arah barat membuat pengemudi kadang tak bisa mengndalikan kendaraan hingga terjadi kecelakaan.

Lokasi tersebut sempat menewaskan seorang LC asal Ngawi pada 2018. Korban bernama Rindu. Korban terjun dari Jalan Tembus ke ladang milik warga. Rindu sempat mendapat perawatan di RS, sementara pria yang berkendara bersamanya tewas di tempat. Karena itulah Satlantas Polres Magetan meminta pada Dishub Provinsi agar memasang pengaman berupa roller barrier.

3. Tikungan Mojosemi
Di tikungan inilah rombongan tour de Bali SMK PGRI Karanganyar, Jawa Tengah, harus mengurungkan niatnya. Lantaran bus yang mereka tumpangi memgalami kecelakaan tunggal dan jatuh ke jurang. Pengemudi bus dan salah satu crew meninggal dunia akibat kecelakaan ini.

Sementara bangkai bus memakan waktu berhari-hari untuk dievakuasi. Tak hanya itu, banyak mobil yang juga celaka akibat pengemudi tak paham medan. Tikungan tajam dan menurun membuat pengemudi terlalu kencang memacu kendaraan hingga akhirnya terlambat mengerem. Karena kejadian itulah Satlantas Polres Magetan juga turut mengusulkan lokasi ini diberi pengaman berupa roller barrier sepanjang 80 meter. [fiq/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar