Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Waspada, Dalam Sepekan 2 Kali Pohon Tumbang di Jalan Tembus Sarangan Magetan

Magetan (beritajatim.com) – Bagi Anda yang akan melintas di Jalan Tembus Sarangan-Magetan, tampaknya perlu waspada. Karena dalam sepekan ini, sudah dua kali terjadi pohon tumbang di Jalan Tembus Sarangan Tawangmangu masuk Kelurahan Sarangan, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

Kali ini, pohon jenis sengon berdiameter sekitar 20 centimeter tumbang dan menutup 50 persen akses jalan pada Kamis (24/11/2022) pukul 19.48 WIB.

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Magetan Eka Wahyudi membenarkan kejadian itu . Tim 2 Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (TRC-PB) TNI Polri melakukan penanganan pohon tumbang dengan chainsaw atau gergaji mesin.


Selanjutnya dilakukan pembersihan sehingga pada pukul 21.04 WIB jalan dapat dilalui kembali.

“Diduga pohon tumbang karena hujan deras yang mengguyur kawasan Plaosan. Terpantau hujan intensitas lebat dan sedang mengguyur selama 4 jam. Saat ini jalur sudah kembali dibuka,” kata Eka, Jumat (25/11/2022).

Sebelum itu, pada Minggu (20/11/2022) lalu pohon jenis akasia dengan diameter sekitar 30 sentimeter tumbang dan menutup 50 persen badan jalan lama Lawu Kelurahan Sarangan Kecamatan Plaosan Kabupaten Magetan. Akibatna, mengganggu laju roda 2 maupun roda 4.

“Malam itu juga BPBD Kabupaten Magetan bersama TNI-Polri dan anggota PMI Kabupaten Magetan melakukan penanganan pohon tumbang menggunakan chainsaw selanjutnya dilakukan pembersihan. Pukul 00.15 WIB penanganan dan pembersihan pohon tumbang selesai dilakukan dan laju lalu lintas kembali lancar,” lanjut Eka.

BPBD dalam hal ini terus menghimbau kepada masyarakat agar selalu waspada dan berhati-hati terhadap dampak cuaca ekstrem, juga waspada saat melintasi jalan yang berpotensi longsor dan pohon tumbang. Apabila terdapat kejadian serupa ataupun bencana lainnya dapat menghubungi nomor pelayanan BPBD Kabupaten Magetan.

Diketahui, kawasan Jalan Tembus Magetan sekaligus jalan lama Lawu merupakan kawasan yang rawan pohon tumbang. Karena di pinggir jalan mayoritas pohon-pohon besar dan tinggi. Selain itu, jalan tembus juga rawan tanah longsor karena ada beberapa titik dengan tebing yang tinggi.

Menjelang libur Natal dan Tahun Baru, BPBD Magetan mengingatkan pengguna jalan yang melintas agar waspada. [fiq/beq]


Apa Reaksi Anda?

Komentar