Peristiwa

Waspada Covid-19, 3 Sosialisasi Pilkada Jember oleh Bawaslu Ditunda

Jember (beritajatim.com) – Tiga acara sosialisasi pemilihan kepala daerah di Kabupaten Jember, Jawa Timur, melalui model tatap muka oleh Badan Pengawas Pemilu bulan ini terganggu oleh ancaman Covid-19.

Bulan ini Bawaslu Jember berencana melakukan sosialisasi netralitas aparatur sipil negara, sosialisasi partisipatif dalam acara CFD (Car Free Day), dan sosialisasi di kampus (goes to campus). “Kami sementara waktu mengurangi untuk bersinggungan dengan orang banyak. Kami kemarin ada agenda sosialisasi partisipatif di CFD (Car Free Day), 15 Maret 2020. Terpaksa kami undur,” kata Humas Bawaslu Jember Devi Aulia Rohim, Senin (16/3/2020).

Bawaslu Jember akan lebih banyak melakukan sosialisasi melalui media sosial. “Bukan berarti kami berhenti bersosialisasi,” kata Devi.

Sementara untuk sosialisasi netralitas ASN, Bawaslu belum memutuskan apakah akan diundur atau tidak. “Kami berharap ini tidak mengganggu tahapan pilkada. Proses pengawasan tetap berjalan. Tapi jika masih bisa diintensifkan di kegiatan-kegiatan lain, kami mengubah waktunya,” kata Devi. Acara sosialisasi di kampus juga belum ditentukan waktunya.

Bawaslu Jember berharap sosialisasi bisa dilakukan oleh pengawas tingkat desa dan kelurahan. “Kepanjangan tangan kami banyak. Harapannya kami mengoptimalkan media sosial dari WA, Facebook, Instagram, dan website. Setiap panwascam juga harus punya media sosial dan membagikan berita Bawaslu atau panwaslu sekitarnya. Dengan begitu getok tular ini harapannya lebih mengena di masyarakat,” kata Devi. [wir/ted]





Apa Reaksi Anda?

Komentar