Peristiwa

Waspada Bahaya Narkoba, Kelurahan Ngronggo Gelar Lomba Siskamling

Kediri (beritajatim.com) – Siskamling (Sistem Keamanan Lingkungan) merupakan salah satu upaya dalam menciptakan suasana atau kondisi suatu lingkungan yang aman. Melihat peran vital ini, Kelurahan Ngronggo sebagai kelurahan Bersinar (Bersih Narkoba), Sabtu malam (13/3/2021) menggelar lomba Siskamling tingkat kelurahan.

Lomba Siskamling ini diikuti oleh seluruh RW di Kelurahan Ngronggo. Warga di setiap lingkungan berinovasi menghadirkan Pos keamanan lingkungan yang apik dan menarik. Tidak hanya itu, peran utama dari Siskamling juga tak luput jadi perhatian dewan juri dalam melakukan penilaian.

Heru Sugiarto, Kepala Kelurahan Ngronggo mengungkapkan bahwa agenda ini sebagai bentuk komitmen Kelurahan Ngronggo sebagai kelurahan Bersinar.

“Penyelenggaraan kegiatan bertujuan selain untuk mengembalikan peran penting Siskamling, juga sebagai bentuk kewaspadaan terhadap peredaran narkoba,” ungkap Heru, dalam sambutannya, Sabtu (13/3/2021).

Menurutnya, pengawasan terhadap peredaran dan penyalahgunaan narkoba menjadi kewajiban tidak hanya satu-dua orang saja, melain menjadi tanggung jawab seluruh warga masyarakat.

“Kita harus memastikan bahwa Kelurahan Ngronggo ini bersih dari Narkoba, dengan demikian keamanan lingkungan kita bisa lebih terjamin karena bagaimanapun Narkoba berpotensi menimbulkan tindak kejahatan,” ungkap pria yang menggemari musik karawitan ini.

Sementara itu, saat dewan juri berkeliling guna melakukan penilaian, seluruh peserta tampak antusias dan menyiapkan yang terbaik untuk Siskamling di lingkungannya. Tidak hanya itu, mereka juga memastikan bahwa lingkungannya bersih dari Narkoba.

“Kami siap bersinergi dengan pemerintah untuk memberantas Narkoba, terutama di Kelurahan Ngronggo,” ungkap Supono, ketua RW 09 Kelurahan Ngronggo.

Setelah melakukan penilaian dan penjurian yang sengit, dewan juri yang terdiri dari BNN, Kesbangpol, IPWL Eklesia Foundation, Babinsa dan Babinkamtibmas Kelurahan Ngronggo, memutuskan lima pemenang. Harapan 2 diraih oleh RT 05 RW 03, harapan 1 oleh RT 1 RW 09, juara 3 oleh RT 06 RW 01, juara 2 oleh RT 01 RW 01 dan juara pertama diraih oleh RT 01 RW 02.

Penyampaian hadiah dilakukan pada malam itu juga di gedung pertemuan Kelurahan Ngronggo. Masing-masing pemenang mendapatkan tropi dan uang pembinaan. Sedangkan bagi lingkungan yang belum berkesempatan menjuarai, juga diberikan sejumlah hadiah hiburan.

Camat Kota, Arief Cholisudin yang turut hadir dalam acara tersebut berharap kegiatan ini dapat menjadi penyemangat warga untuk waspada bahaya Narkoba.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini, semoga dengan ini Kota Kediri bersih Narkoba, dan khususnya untuk Kelurahan Ngronggo semoga bisa mendapatkan juara dalam ajang Kelurahan Bersinar Tingkat Jawa Timur,” pungkasnya. [nm/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar