Peristiwa

Banyuwangi Batasi Operasi Mal dan Pasar Modern

Warung Dilarang Pakai Kursi dan Meja, Makan Wajib Bungkus

Banyuwangi (beritajatim.com) – Peningkatan penanganan virus corona covid 19 di Banyuwangi mulai diterapkan. Berdasarkan Surat Edaran (SE) Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas beberapa sektor dan tempat publik, termasuk pusat perbelanjaan dibatasi waktu operasionalnya.

“Kita batasi jam buka operasional pusat perbelanjaan, mal, pasar modern pada pukul 10.00 – 18.00 WIB. Dengan catatan memberlakukan protokol kesehatan secara ketat antara lain
menyediakan hand sanitizer dan wajib digunakan oleh setiap pengunjung, dan setiap karyawan yang masih memberikan pelayanan wajib menggunakan masker,” terangnya.

Bupati Anas juga meminta dengan tegas, warga yang berbelanja tidak menghabiskan waktu di tempat perbelanjaan. Saat ke warung makan, warga diimbau untuk membeli untuk dimakan di rumah. Begitu juga bagi para penjualnya.

“Seluruh penjual makanan/minuman wajib memberikan layanan langsung dibawa pulang (take away) dan dilarang menyediakan meja kursi untuk pembeli,” ujarnya.

Dalam SE tersebut juga tertulis pada poin 4, Pembatasan secara ketat seluruh kegialan yang melibatkan banyak orang. Termasuk penyelernggaraan seluruh aktifitas ibadah yang dapat menjadi media penyebaran covid
19.

Di antaranya, shalat Jumat, Tarawih, dan led di masjid atau tempat umum lainnya. Pengajian umum, dan majelis taklim, Misa di Gereja, dan peribadatan sejenis di Pura, Wihara, dan Kelenteng.

Poin 5, Perpanjangan masa belajar seluruh siswa dan santri di rumah hingga 21 April 2020, dan akan dievaluasi lebih lanjut sesuai dengan kebutuhan dan peraturan yang berlaku. [rin/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar