Peristiwa

Wartawan dan Polres Tuban Ajak Masyarakat Hidup Sehat, Begini Caranya

Tuban (beritajatim.com) – Sebagai salah satu rangkaian kegiatan dari Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2020 ini, komunitas wartawan Tuban yang tergabung dalam Ronggolawe Pers Solidarity (RPS) Tuban menggelar kegiatan jalan Sehat dan juga tanam pohon serta santunan ratusan anak yatim, Minggu (8/3/2020).

Kegiatan jalan sehat dan juga sebagai bentuk sosialisasi untuk mengajak masyarakat hidup sehat itu bersinergi dengan Polres Tuban dan juga Pemkab Tuban. Dalam kegiatan itu juga dilakukan senam gerakan Cuci Tangan yang diikuti oleh ribuan masyarakat dari berbagai kalangan masyarakat.

Kegiatan pelakasaan sebagai puncak kegiatan peringatan HPN di Kabupaten Tuban iti diawali dengan senam cara mencuci tangan yang benar. Senam itu langsung diikuti oleh Wakil Bupati Tuban, DPRD Tuban, Kapolres Tuban, Kodim 0811, Kajari, Pengadilan Negeri, Mangrove Center Tuban, Ketua RPS, Semen Indonesia, Solusi Bangun Indonesia, EMCL, Pertamina Persero, Pertamina EP, DPR RI, GRR Project Tuban, NA Center, dan Timbul Jaya.

“Kita sebagai awak media di Kabupaten Tuban bersinergi dengan Polres untuk menyosialisasikan gerakan hidup sehat kepada masyarakat. Kami bersinergi dengan Polres dengan harapan semakin banyak masyarakat yang paham terakit isu Corona,” ungkap Khoirul Huda, selaku ketua RPS Tuban.

Kegiatan senam cuci tangan itu dilakukan lantara merebaknya isu Virus Corona di berbagai belahan dunia termasuk Indonesia. Sehingga dengan kegiatan itu mengajak masyarakat supaya tidak panik dan tetap tenang dengan melakukan budaya hidup sehat, salah satunya dengan cuci tangan.

Dalam kesempatan itu, Kapolres Tuban, AKBP Ruruh Wicaksono langsung menyapa seluruh lapisan masyarakat dengan yel-yel Jatim Sehat, Tuban Sehat, Polres Tuban Hebat. Sebagai Kapolres yang baru bertugas dua pekan, Ruruh berterimakasih kepada RPS karena bersama-sama mengkampanyekan pencegahan Corona. Ia menegaskan bahwa sejauh ini tidak ada warga Tuban yang terjangkit virus Corona.

“Intinya warga Tuban jangan panik. Bagi yang belum tahu bisa tanya ke petugas atau pihak yang lebih paham. Warga masyarakat harus hati-hati jangan sampai ikut-ikutan menyebarkan info yang tidak bisa dipertanggungjawabkan,” jelas AKBP Ruruh Wicaksono, Kapolres Tuban.

Sementara itu, Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Husssein menilai bahwa langkah dari Polres Tuban dan RPS dengan mengadakan kegiatan itu merupakan langkah cepat tanggap mencegah Corona. Polisi sebagai pengaman dan jurnalis sebagai pewarta, ambil peran lebih dari semestinya.

“Mewabahnya Corona sangat cepat, begitupula antisipasinya juga luar biasa terbukti RSUD Koesma Tuban ditunjuk sebagai salah satu rumah sakit rujukan pasien Corona. Dinkes dan RS harus hadir lebih sigap supaya masyarakat tidak resah,” kata Noor Nahar Hussein, Wakil Bupati Tuban.

Adapun dalam kegiatan peringatan HPN 2020 di Tuban itu, untuk mendukung gerakan massal hidup sehat itu komunitas wartawan Tuban itu juga melakukan tanam dan membagikan sebanyak 2.000 pohon. Sedangkan dalam jalan sehat itu, RPS menyediakan hadiah utama dua unit sepeda motor. [mut/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar