Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Warga Wonomulyo Magetan Trauma Terjadi Longsor, Harapkan EWS Aktif

Warga Dusun Wonomulyo, Desa Genilangit, Kecamatan Poncol, Magetan saat lakukan pembersihan material longsor di rumah milik warga, Kamis (25/11/2021) (Foto: Fatihah Ibnu Fiqri)

Magetan (beritajatim.com) – Warga Dusun Wonomulyo, Desa Genilangit, Kecamatan Poncol, Magetan, Jawa Timur merasa trauma akibat kejadian longsor yang tiba-tiba melanda pada Rabu (24/11/2021) siang pukul 11.00. Lantaran, mereka tak mendengar suara sistem peringatan dini yang dipasang sekitar 50 meter di atas tebing.

Paeran, warga setempat mengatakan keluarganya terpaksa mengungsi di tempat kerabat untuk menghindari longsor susulan. Sekaligus, menunggu BPBD dan unsur TNI Polri yang hendak mengurangi resiko longsor dengan menurunkan sebuah batu besar yang berada di dekat lokasi longsor.

“Kami masih trauma. Longsor terjadi tiba-tiba, sehingga kami pun panik. Warga tak ada yang mendengar suara sirine dari EWS (early warning system, Red) saat hujan. Ada yang hilang kalau bunyi saat malam sebelum kejadian, tapi kami yang di dekat lokasi tidak mendengar,” katanya pada beritajatim.com, Kamis (25/11/2021).

Dia mengharapkan EWS kembali diaktifkan. Sekaligus BPBD Magetan tetap melakukan pengecekan. Menurutnya, warga benar-benar membutuhkan sistem peringatan dini tersebut. Namun, suara yang dihasilkan kurang kencang sehingga warga tak bisa terlebih dahulu mempersiapkan diri adanya bencana longsor. [fiq/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar