Peristiwa

Warga Surabaya Aktif Bergerak Cegah Penyebaran Corona

Surabaya (beritajatim.com) – Gerakan secara massif dilakukan oleh warga di perkampungan dalam mencegah penyebaran pandemic virus corona (covid-19).

Gotong-royong aksi sosialisasi hingga pembuatan media untuk menangkal penyebaran virus menjadi perhatian dari seluruh kader lingkungan, posyandu, hingga ikatan pekerja sosial masyarakat (IPSM).

Menurut kader IPSM Kelurahan Kedungdoro, Kecamatan Tegalsari Maria Rusalin, warga perkampungan menengah ke bawah perlu diberikan sosialisasi dan peran aktif. “Karena masih banyak yang belum memahami dampak penyebaran corona,” katanya, Sabtu (28/3/2020).

Ditemui di sela-sela aksi pembuatan wastafel portable dan pembagian paket antiseptic (sabun, hand sanitizer, dan masker), di kampung Pelemahan, IPSM bersama kader Posyandu wilayah tersebut mulai bergerak.

Maria mengatakan, pembuatan wastafel portable ini masih seadanya. Namun, antusias kebersamaan warga begitu kuat. Bahan-bahan pun dibeli hasil patungan. Kegiatan ini getok tular dari aksi yang sudah dimulai dari Kampung Tambak Segaran, kemarin. Warga dan tokoh masyarakat bergerak bersama-sama untuk ikut andil dalam pencegahan pandemi corona.

“Tentunya dalam aksi ini kami tetap menjalankan arahan Pak Wawali (Whisnu Sakti Buana) untuk tidak bergerombol. Pokoknya kami bergerak tanpa harus menunggu,” terang Maria.

Diketahui, peran serta warga dalam melawan dan mencegah penyebaran virus corona mulai dilakukan warga Tambak Segaran Gang V. Kader Posyandu perkampungan tersebut melakukan aksi pembuatan wastafel protabel. Selain itu, kegiatan yang dimotori oleh Ramiasih Yunita ini juga membagikan paket antiseptic. “Semua gotong-royong. Aksi Wong Suroboyo lawan Corona. Wani!,” terangnya. [ifw/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar