Peristiwa

Warga Sumbermujur Tolak Pendatang Tak Pakai Masker

Lumajang (beritajatim.com) – Pemerintah Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro, Lumajang yang berada di kaki gunung Semeru melakukan karantina wilayah untuk mencegah covid-19. Selain memantau melintasnya pendatang, mereka juga meminta warganya memakai masker.

“Kita minta warga pakai masker,” kata Rudi Mulyono, Kasun Umbulsari Desa Sumbermujur Kecamatan Candipuro saat dihubungi beritajatim.com, Sabtu (11/4/2020).

Menurut dia, Kepala Desa meminta perangkat untuk aktif memantau warganya dengan menjaga empat portal pintu masuk wilayahnya. Apalagi antisipasi warga pemudik bisa tertular corona tidak terlacak masuk. “Kami ingin melindungi warga dari bahaya tertular pendatang,” paparnya.

Sejak dilakukan Sosial Distancing dan Physical Distancing oleh pemerintah pusat hingga Lumajang, Pemdes Sumbermujur langsung melakukan pengawasan pada warganya dengan menyarankan pakai masker. “Meski menggunakan kaos, kerpus, atau sapu tangan, pokoknya pakai masker, karena ini cara untuk tidak tertular lewat mulut dan hidung,” jelasnya.

Karantina wilayah Desa Sumbermujur didukung oleh Camat, Polsek dan Koramil untuk antisipasi penularan wabah. Bahkan, petugas dari Muspika rutin melakukan patroli dalam memantau kegiatan masyarakat. “Tadi pak Babinsa dan Bhabinkamtibmas ikut jaga portal. Juga melakukan penyemprotan disinfektan,” pungkasnya. [har/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar