Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Warga Sudah Tiga Kali Ngebor Sumur Keluar Gas, Pihak Desa Berharap Ini

Sumur bor milik warga yang berada di Dusun Banjarsari, Desa Tegalbang, Kecamatan Palang, Tuban yang mengeluarkan gas dan langsung menyala saat dibakar. [foto : M Muthohar]

Tuban (beritajatim.com) – Sejumlah warga Dusun Banjarsari, Desa Tegalbang, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban mengaku sudah tidak kaget dengan adanya pengeboran sumur untuk mencari sumber air tetapi justru keluar gas mudah terbakar.

Pasalnya, di kawasan desa tersebut terhitung sudah tiga kali ada penemuan sumur bor yang mengeluarkan gas. Dengan adanya banyak sumur yang mengeluarkan gas itu, pihak desa berharap adanya kajian khusus dan tindak lanjut dari pemerintah supaya keberadaan gas yang keluar bisa dimanfaatkan.

Data yang dihimpun, sumur mengelaurkan gas dan bisa menyala saat dibakar itu pertama kali terjadi sebelum tahun 2000. Saat itu pengeboran sumur untuk mencari sumber air di sekitar SPBU yang ada desa tersebut. Lokasinya juga tidak jauh dari titik sumur yang sekarang.

“Kalau warga ya tidak kaget, soalnya dulu sudah pernah ada. Waktu itu ngebor sumurnya di sekitar SPBU, namun langsung ditutup,” terang Lik Raharjo, warga Dusun Banjarsari, Desa Tegalbang, Kecamatan Palang, Selasa (30/11/2021).

Selain di sekitara SPBU, pengerboran sumur untuk mencari air dan keluar gas kembali terjadi di sebuah gudang milik warga beberapa tahun lalu. Namun, karena tidak ada kajian ataupun tindakan lajut dari pemerintah, sumur yang mengeluarkan gas itu akhirnya ditutup oleh pemiliknya.

“Ini (pengeboran sumur yang mengeluarkan gas) sudah kejadian yang ketiga kalinya. Gasnya kalau dikasih api langsung menyala,” ungkap Yudi, Kepala Desa (Kades) Tegalbang, Kecamatan Palang.

Yudi berharap, dengan adanya temuan tersebut, ada tidak lanjut dari Pemerintah Kabupaten Tuban untuk melakukan kajian. “Sehingga jika memang keberadaan adanya gas itu layak, maka gas tersebut bisa dimanfaatkan oleh warga,” katanya.

Seperti diberitakan sebelumnya, sebuah sumur yang berada di Dusun Banjarsari, Desa Tegalbang, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban yang baru selesai dilakukan pengeboran ternyata mengeluarkan gas yang cukup besar. Gas yang keluar sangat mudah terbakar. [mut/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar