Peristiwa

Warga Sempat Panik, Kebakaran Landa Gudang Penimbunan Minyak Mentah

Tuban (beritajatim.com) – Sejumlah warga yang tinggal di kawasan Desa Leran, Kecamatan Senori, Kabupaten Tuban digegerkan dengan adanya kebakaran hebat yang menghabiskan sebuah gudang penyimpanan minyak mentah tradisional di desa itu, Minggu (18/10/2020) sore.

Beruntung tidak sampai ada korban jiwa maupun korban luka. Namun, sedikitnya ada tiga bangunan rumah milik warga yang masih satu keluarga ikut hangus dilalap api.

Informasi yang dihimpun beritajatim.com, peristiwa kebakaran hebat yang menghanguskan tiga rumah itu terjadi sekitar pukul 16.00 Wib. Awalnya titik dalam peristiwa kebakaran itu berasal dari rumah kosong atau gudang tempat peyimpanan atau penimbunan minyak mentah.

“Kejadian kebakaran terjadi pada pukul 16.00 Wib yang diduga disebabkan api berasal dari pompa air yang korslet dan percikan listrik mengenai minyak solar (minyak mentah),” terang Yudi Irwanto, Kalaksa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tuban.

Percikan api yang membakar di lokasi timbunan minyak mentah itu kemudian dengan cepat membesar dan kemudian membakar bagunan berserta isinya yang ada di sekitar lokasi itu. Sejumlah warga yang mengetahui kejadian itu sempat berusaha untuk memadamkan api, namun karena api terlalu besar membuat usaha warga sia-sia.

“Api yang semakin membesar kemudian merembet membakat dua rumah yang ada di sampingnya. Kita yang mendapatkan laporan ada kejadian itu langsung menerjunkan tim Damkar ke lokasi kejadian kebakaran itu,” lanjutnya.

Guna memadamkan api yang membakar di penimbunan minyak mentah itu tim pemadam dari PMK BPBD Tuban menerjunkan sebanyak 3 unit kendaraan pemadam dan 1 unit tangki penyuplay air. Selain itu karena api yang sulit dipadamkan petugas PMK Tuban dibantu satu 1 kendaraan pemadam dari tim Damkar Pertamina Cepu dan dari satu unit Damkar Bojonegoro.

“Api berhasil dipadamkan sekitar pukul 19.04 Wib. Untuk kerusakan 2 rumah beserta perabotan milik Bu Fifah dan 1 rumah milik Abdul Halim,” jelas Yudi Irwanto.

Sementara itu, hingga sampai dengan saat ini belum diketahui secara pasti apa yang menjadi penyebab terjadinya kebakaran penimbunan minyak mentah itu. Selain itu belum ada konfirmasi maupun keterangan secara resmi dari pihak kepolisian Polsek Senori, Polres Tuban meski telah dilakukan konfirmasi terkait kejadian itu. [mut/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar